Kepercayaan dan Komunikasi Jadi Cara Sule Jauhkan Anak Dari Pergaulan Bebas

Sabtu, 17 Februari 2018 09:00 Penulis: Tyssa Madelina
Kepercayaan dan Komunikasi Jadi Cara Sule Jauhkan Anak Dari Pergaulan Bebas Sule © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Di tengah maraknya isu pergaulan bebas dan narkoba yang tengah merundung para artis Tanah Air, tentu semakin membuat orang tua khawatir akan anak mereka. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi komedian Sule. Menurutnya, kunci utama dalam menyelamatkan anak dari hal-hal negatif tersebut adalah dengan memperbanyak komunikasi dengan anak.

"Orang tua dan anak harus dekat sebagai sahabat ya. Saya ada masalah pasti curhat ke anak, Rizky ada masalah pribadi curhatnya ke emaknya. Kalau urusan pekerjaan pasti ke saya, apapun pasti kita komunikasikan dulu," ujar Sule, saat ditemui usai launching trailer film HONGKONG KASARUNG di Portico, Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (12/2).

Menurut Sule, selain nasihat dan dukungan orang tua, anak juga memiliki peran yang lebih besar. Sule menjelaskan, ketika anak sudah diberi kepercayaan dari orang tua maka sudah seharusnya mereka menjaga hal tersebut di luar sana. "Ya anaknya juga harus berperan dong, apalagi Rizky udah dewasa. Dia sudah tahu rambu-rambu, yang bisa menjauhkan ya dia sendiri," tambah Sule yang juga diamini oleh Rizky Febian.

Rizky merasa nyaman curhat dan menjalin komunikasi dengan orangtuanya. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaRizky merasa nyaman curhat dan menjalin komunikasi dengan orangtuanya. © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Ngebebasin maksudnya karena kalau Iky yang mencoba ya resikonya Iky tanggung sendiri. Justru kebanyakan orang itu dikala ditekan dan tidak dibebaskan malah ada rasa ingin penasaran untuk mencoba," tutur Rizky Febian.

Lebih lanjut, Sule pun berpesan kepada orangtua di luar sana agar lebih membuka ruang komunikasi dan kepercayaan kepada anak. Selain kedua hal tersebut, bekal agama yang kuat harus ditanamkan sedari dini.

"Kalau dia berbuat sesuatu yang menanggung resikonya siapa? Dia. Saya lepas tangan. Simpel hidup mah. Kadang-kadang orang tua terlalu ribet 'Kamu nggak boleh ini itu blabla' Tapi kita nggak tahu kan anak di luar seperti apa? Saya sama Iky membebaskan, mau pacaran, mau apa yang penting hal tersebut bisa kamu pertanggungjawabkan. Kalau Iky melakukan suatu hal yang negatif maka hasilnya akan negatif, ibarat kita menanam pohon cabe kan nggak bakal jadi timun pasti besarnya jadi cabe. Menanam kebaikan hasilnya akan baik, menanam keburukan pasti akan buruk. Iky sudah tahu kok, surga dan neraka itu apa, saya sudah kasih pemahaman," pungkas Sule.

(kpl/pur/tmd)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING