SELEBRITI

Keputusan Daftarkan Brand Citayam Fashion Week ke PDKI Tuai Pro dan Kontra, Baim Wong Buka Suara

Senin, 25 Juli 2022 08:30

klarifikasi Baim Wong tentang Citayam Fashion Week © instagram.com/baimwong

Kapanlagi.com - Nama Baim Wong tengah menjadi sorotan publik lantaran perusahaannya diketahui mendaftarkan brand Citayam Fashion Week ke PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual) sebagai hak barang jasa hiburan dalam sifat peragaan busana. Karena keputusannya tersebut, suami Paula Verhoeven pun sontak menuai cibiran lantaran dianggap tidak kreatif dan mengambil keuntungan dari orang-orang kelas menengah ke bawah.

Terkait tanggapan publik tersebut, akhirnya Baim Wong buka suara. Saat dihubungi tim KapanLagi.com, Baim Wong menjelaskan bahwa dirinya mempunyai visi untuk menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk memajukan fashion Indonesia yang tidak bersifat musiman.

"Nanti akan dijelaskan ya Insyaallah. Yang kalian harus tau, dan yang terpenting Bonge, Roy, Jeje dan Kurma ada di dalamnya. Saya kadang menyayangkan opini-opini yang negatif ketika niat dan tujuan kita berbeda dengan pandangan sempit mereka. Budayakan mendengarkan orang yang bersangkutan sebelum melayangkan opini. Takutnya semua menjadi fitnah," ungkap Baim Wong melalui chat WhatsApp saat dihubungi tim KapanLagi.com.

"Citayam itu bukan milik saya. ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi MENJADIKAN CITAYAM fashion week sebagai AJANG ug mempunyai wadah yang legal, dan ga musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," imbuhnya.

1. Tergerak Karena Istri

Lebih lanjut, Baim Wong juga menguak alasan di balik keputusannya untuk mendaftarkan brand Citayam Fashion Week ke PDKI yang tak lepas dari pandangan sang istri yang merupakan seorang model. Ayah 2 anak ini mengaku semata-mata hanya ingin membantu perkembangan dunia fashion di tanah air melalui Citayam Fashion Week.

"Kenapa saya tergerak? Semua karena istri saya. Karena dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan di mana orang-orang sudah mempedulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion ga harus mahal. Dan mereka bangga memakainya. Kebanggaan itu adalah achievement, dan itu harus dibudidayakan. Dengan apa? Orang-orang seperti kita yang harus membantu mereka. Bukan karena kepentingan bisa dapet berapa? Tapi visinya itu mau dibawa sejauh apa? Dan sejauh apa kita percaya dengan tujuan itu? Apa manfaatnya ini untuk orang banyak? Terlalu banyak risiko, karena membuat sesuatu menjadi besar pasti memerlukan biaya," jelasnya.

2. Ada Track Record

Baim Wong juga telah menyiapkan sederet bukti di balik pendaftaran brand Citayam Fashion Week mulai dari awal hingga ramai disorot publik. Bahkan, artis yang juga aktif membuat konten di YouTube tersebut mengaku sudah meminta izin pada menteri dan dirut Sarinah.

"Alhamdulilah semua kejadian ini track recordnya ada... Kapan saya pertama kali menghubungi Bonge. Kapan saya mendaftarkan HAKI. Kapan saya berbicara dengan semua orang yang berhubungan dengan Citayam Fashion Week. Kapan saya minta ijin pak mentri untuk acara ini. Kapan saya minta ijin dirut Sarinah ketika mencari venue untuk acara ini. Alhamdulilah semua ada. Jadi bukan karena adanya berita ini, baru kita kalang kabut untuk mencari alasan. Semua sudah ada track recordnya Alhamdulilah," tuturnya.

3. Punya Tujuan Berbeda

Menutup klarifikasinya, Baim Wong menegaskan bahwa dirinya melalui Tiger Wong Entertainment memiliki tujuan yang berbeda dan jauh dari pandangan negatif publik. Menurut Baim Wong, langkah yang diambilnya dengan mendaftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI merupakan wujud kepeduliannya pada tanah air.

"Insyaallah tujuan Tiger Wong Entertainment ini berbeda. Kalau kalian sesayang itu sama negara kalian, pasti kalian melakukan hal yang sama dengan saya. Selalu berpikir bagaimana MENJADIKAN INDONESIA lebih maju dan ga pernah mau kalah sama luar negeri. Indonesia pasti bisa lebih hebat!" pungkasnya.

4. Masih Dalam Proses

Melihat dari laman situs PDKI, ada dua pihak yang mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai Kekayaan Intelektual, pertama ada Indigo Aditya Nugroho, dan kedua adalah perusahaan Baim Wong. 

Sampai saat ini, status pendaftaran brand Citayam Fashion Week oleh kedua pihak itu masih berstatus dalam proses. 

Perusahaan Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai hak barang jasa hiburan dalam sifat peragaan busana. Adapun layanan hiburan lain, yakni menyediakan podcast, video online di bidang organisasi fashion, dan beberapa hal lainnya di bidang fashion. 

5. Kurang Duit

Seperti diketahui, netizen memberikan sindiran cukup keras untuk Baim di media sosial. Dengan kekayaan seperti ini, netizen mempertanyakan apakah uangnya masih kurang, sampai-sampai harus daftarkan brand Citayam Fashion Week.

"Baim Wong gw liat-liat hobinya cari cuan dari konten orang-orang kelas ekonomi bawah ya. Nyadar ga sih dia? Bisa gitu tidur nyenyak?," cuit seorang netizen di Twitter.

"Selain suka bikin konten mengeksploitasi orang kelas menengah ke bawah, ternyata mukanya tebal juga ya sampe daftarin brand Citayam Fashion Week," sambung pemilik akun twitter @cinn***

"Kurang duit apa gimana ya," ujar akun instagram @ferdi***.

"Kalo ga kreatif minimal jangan maling lah," sambung akun @mhm***.

REKOMENDASI
TRENDING