Kiki Amalia Kagum Keikhlasan Aminah Cendrakasih Jalani Hidup

Senin, 27 Oktober 2014 11:41 Penulis: Darmadi Sasongko
Kiki Amalia Kagum Keikhlasan Aminah Cendrakasih Jalani Hidup Aminah Cendrakasih - Kiki Amalia @Foto: koleksi Kiki Amalia
Kapanlagi.com - Aktris senior Aminah Cendrakasih (76) kini tengah terbaring tidak berdaya di atas tempat tidur. Glaukoma yang menyerang penglihatannya sekitar dua tahun lalu, membuat pemeran Mak Nyak dalam SI DOEL ANAK SEKOLAH itu tidak lagi bisa melihat keindahan dunia.

Artis Kiki Amalia menyempatkan bertandang ke rumah Aminah di Kawasan Pondok Aren, Tanggerang Selatan, Sabtu (25/10) lalu. Dia mengaku prihatin melihat kondisinya yang sehari-hari banyak di atas tempat tidur, kendati yang bersangkutan beberapa kali mengaku ikhlas dengan takdir yang diberikan Allah SWT.

"Ibu Aminah bener-bener ikhlas menerima sakitnya. Beliau bener-bener tidak terlihat seperti orang sakit pada umumnya, padahal kondisi beliau terbaring tidak bisa berjalan selama 2 tahun belakangan ini," kata Kiki Amalia kepada KapanLagi.com®, Minggu (26/10).

Aminah telah banyak membintangi film layar lebar dan sinetron. Dia terkenal dalam perannya sebagai Emak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang ditayangkan oleh RCTI dan sinetron Rumah Masa Depan yang ditayangkan oleh TVRI. Ia adalah putri pemeran senior Indonesia Wolly Sutinah atau lebih dikenal dengan nama Mak Wok.

Aminah, menurut Kiki sudah tidak lagi mampu berkarya di depan kamera lagi. Bintang yang berjaya di era 1950-an hingga 1980-an itu pun lebih banyak menghabiskan dengan berdzikir. Beberapa kali, dia mencoba berbagai pengobatan namun hasilnya memang belum tampak hingga saat ini.

Aminah Cendrakasih - Kiki Amalia @Foto: koleksi Kiki AmaliaAminah Cendrakasih - Kiki Amalia @Foto: koleksi Kiki Amalia

"Kenapa aku ke sana, karena aku peduli dan respect kepada beliau, di mana beliau adalah senior yang karyanya sudah banyak sekali di dunia seni peran. Sekaligus menjadi pelajaran besar untuk aku sebagai pekerja seni yang harus selalu banyak menabung, karena jaminan kita di hari tua tidak ada kecuali kita sendiri yang pandai-pandai mengatur keuangan kita," katanya.

Kiki juga mengaku salut dengan sikap Aminah yang tegar dan ikhlas menerima keadaan. Dia mengajak untuk bisa belajar dan mengambil hikmah dari sikap dan perjalanan hidupnya.

"Aura yang tersirat dari wajah bunda seperti saya tidak ngobrol dengan orang sakit parah, kendati dia total harus terkulai lemas di atas tempat tidur," kata Kiki menghela nafas.

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING