#KLHITS2017: Kisah Unik Persalinan Seleb di 2017, Penuh Cerita!

Kamis, 28 Desember 2017 17:58 Penulis: Mahardi Eka
#KLHITS2017: Kisah Unik Persalinan Seleb di 2017, Penuh Cerita! KapanLagi.comĀ®

Kapanlagi.com - Oleh: Sahal Fadli

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, tidak sedikit perempuan yang melahirkan secara caesar. Tetapi, banyak juga yang masih memilih berjuang melahirkan sang buah hati secara normal, tak terkecuali para selebritis Indonesia.

Tentu tidak mudah melahirkan secara normal, banyak waktu yang terbuang dan sakit selama proses pembukaan. Beberapa artis ini pun mampu melakukannya, berikut rangkuman para selebritis Indonesia yang memilih melahirkan secara normal di 2017.

1. Andien Aisyah Pilih Melahirkan Lewat Metode Water Birth

Mengawali tahun 2017, Andien Aisyah melahirkan buah hatinya dengan Irfan Wahyudi pada 7 Januari 2017 lewat proses kelahiran normal yang tak biasa, yakni melalui metode water birth.

Andien memilih melahirkan di rumahnya sendiri dibantu bidan saat prosesnya dan suaminya sendiri. Alasannya, dia merasa lebih nyaman dan lebih dekat dengan sang bayi.

Setalah Anaku Askara Biru lahir ke dunia, Andien tak memotong tali pusat sang anak. Rupanya, dia menerapkan sistem lotus birth, yakni proses pemisahan antara tali pusat dengan bayi secara alami, hingga dalam waktu tiga hari, tali pusatnya putus secara alami.

"Kawa, my lotus baby, bersama kakak plasentanya yang setia menemani selama 9 bulan di dalam rahim, hingga puput dengan sendirinya. In kawa's case, it took r days. Saya biarkan dia dilahirkan dalam keadaan utuh dan tetap utuh, lotus birth memperpanjang ketenangan bayi seperti di dalam rahim, ini adalah pilihan, hadiah dari orangtua yang mengakui maknanya," tulis Andien di akun instagramnya.

Proses lahirnya juga termasuk cepat, pada 7 Januari 2017, kontraksi pertama terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Andien sempat jalan-jalan hingga kontraksi semakin hebat hingga akhirnya memanggil bidan sekira pukul 11.00 WIB, hingga akhirnya Kawa lahir ke dunia pada pukul 16.50 WIB.

2. Putri Titian Pasrah Rasakan Sakit Melahirkan Normal Demi Buah Hati

Hari Sabtu, 25 Maret 2017 merupakan hari bersejarah bagi pasangan Putri Titian dan Junior Liem. Keduanya dapat anugerah anak bernama Theodore Lori Liem. Selama proses persalinan, Junior selalu mendampingi sang istri hingga sang buah hati lahir ke dunia.

"Prosesnya tuh baby lahir jam 11.43 pagi. Kita datang ke rumah sakit tanggal 24 malam, jam 9 atau setengah sepuluh kita sambil ngecek ke sini, belum ada pembukaan, tetapi sudah kontraksi. Akhirnya langsung nginep. Pokoknya cepat deh, pembukaan dua malamnya, siangnya langsung disuruh bersalin," ucap Junior.

Dari lamanya proses pembukaan, energi dan emosi Tian tentu terkuras habis. Namun dia hanya bisa pasrah saat itu dan berharap sang anak lahir ke dunia dalam kondisi sehat.

"Awalnya pas mau lahiran aku mau gak pakai induksi, tetapi ternyata pas mau lahiran lebih ke pasrah, karena yang penting baby keluar. Kasihan karena kalau dipaksain. Kemarin memang normal, sakit sih sakit karena melahirkan semuanya sakit, yang penting baby sehat," tutup Tian.

Kredit: RiomotretKredit: Riomotret

3. Atiqah Hasiholan Melahirkan Normal Lebih Cepat Dari Dugaan

Melahirkan lewat persalinan normal juga dirasakan Atiqah Hasiholan. Bayi perempuan yang diberi nama Salma Jihane Putri Dewanto itu lahir pada Jumat, 23 Juni 2017 di Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Centre.

Rio Dewanto, sang suami sebelumnya tak mengira kalau sang bayi keluar lebih cepat dari perkiraannya. Satu hari sebelumnya, Kamis (22/6), sang istri merasakan kontraksi. Makanya keduanya memperkirakannya kalau sang anak baru keluar dari rahim Atiqah pada sore harinya.

Namun kenyataan berbeda, pada Jumat paginya, Atiqah telah sampai pada bukaan lima dan ketubannya pecah. "Akhirnya pindah ke ruang persalinan pukul delapan. Pukul 09.32 WIB anak kami lahir," tutup Rio.

4. Ayu Dewi Wujudkan Obsesi Khatam Al Quran Sebelum Melahirkan

Anak kedua pasangan Ayu Dewi dan Regi Datau lahir ke dunia pada 7 Juli 2017 dengan jenis kelamin laki-laki di Rumah Sakit Pondok Indah lewat persalinan normal. Mohamad Aqlan Ukasyah

Selama 9 jam, Ayu melalui proses pembukaan demi pembukaan hingga akhirnya sekitar pukul 20.12 WIB sang buah hati lahir ke dunia.

"Anak cewek dan cowok sudah ada. Yang alhamdulillah semuanya kayaknya mirip bapaknya. Tapi nggak tahu karena masih berubah-ubah. Yang ini agak beda karena warna kulitnya merah banget. Jadi insya Allah nanti kulitnya putih," ucap Ayu.

Saat hamil tua, momen tersebut bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Ayu pun punya obsesi untuk khatam Al Quran sebelum melahirkan. Ditengah perjalanan dan menjelang hari raya, keinginannya itu belum terwujud. Namun itu semua bisa terlewati dan janjinya terpenuhi.

"Pas nunggu proses lahiran aku ngebatin 'apa ini ya? Kok prosesnya lama banget? Biasanya kan habis induksi prosesnya cepet. Ini mesti momongin Aqila ke mal dulu lah'. Sampai akhirnya mikir, 'apa bener ya mesti khatam dulu sesuai janji?'. Alhamdulillah jam empat khatam, dari situ prosesnya lebih cepat. Jam enam diperiksa lagi sudah bukaan 6," tutup Ayu.

5. Acha Septriasa Berjuang Normal Hingga 28 Jam

Perjalanan tak mudah dihadapi Acha Septriasa, berjuang melahirkan sang buah hati. Selama kurang lebih 28 jam, istri Vicky kharisma itu bertahan melahirkan normal hingga akhirnya anak pertama mereka yang diberi nama Bridgia Kalina Kharisma, lahir ke dunia pada 20 September 2017 di RS Royal Hospital for Women Sydney sekitar pukul 12.14 waktu Australia.

"Kalau di sini memang harus normal walau sakit, kasihan sih," ucap Rita Emza, mama Acha melalui sambungan telepon belum lama ini.

Tentu saja, selama menjalani proses kontraksi, begitu panjang kesakitan yang dilalui Acha. Lamanya proses persalinan berkaitan dengan bentuk rahimnya. Perjuangan terbayar saat sang buah hati lahir ke dunia.

"Memang agak berat (lahirannya), soalnya rahim dia tebal, jadi agak lama. Setelah lahiran Acha tuh sampai bilang 'ma, ma, ma, maafin Acha, ternyata sakitnya beggini, Acha pikir cuma gendut aja," pungkasnya.

6. Sonya Fatmala Lahiran Normal dan Didokumentasikan Hengky Kurniawan

Kebahagiaan tak terhingga dirasakan pasangan Hengky Kurniawan dan Sonya Fatmala. Pada 19 November 2017, sang istri melahirkan seorang putra yang diberi nama Zavieruwais Muhammad Kurniawan di RSIA Kemang.

Momen demi momen sesaat sebelum melahirkan, hingga proses sang anak keluar dari rahim ibunya di abadikan Hengky.

"Prosesnya dari jam 11 sudah mulai mules, tetapi ditahan karena kontraksi belum rutin. Pas subuh sudah mulai kencang, Shakila lagi panas tinggi berbarengan Sonyanya mules-mules. Karena makin mules kita ke rumah sakit," ucap Hengky.

Tak perlu waktu lama, sejak kontraksi pukul 03.00, pada 06.30 WIB Sonya melahirkan anak lelakiya dengan berat 3,8 kilogram dan tinggi 5,1 sentimeter.

"Karena subuh saya sudah minta doa teman-teman di Instagram, terima kasih doanya, karena lahiran kali ini lebih cepat, lebih lancar kayak jalan tol lah," tutup Hengky.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING