SELEBRITI

Kontroversi Andien Aisyah, Dari Lotus Birth Sampai Plester Mulut Saat Tidur

Rabu, 17 Juli 2019 13:23 Penulis: Rezka Aulia

Pilihan Andien dalam urusan parenting ini sempat tuai kontroversi. © KapanLagi/Bayu Herdianto - instagram/andienaisyah

Kapanlagi.com - Andien memang punya gaya yang unik dan selalu bisa menarik perhatian publik. Tak hanya pilihan fashion dan karyanya di dunia musik, cara Andien mendidik Anaku Askara Biru alias Kawa ya pun tak luput dari keunikan. 

Pelantun tembang Belahan Jantungku ini punya pilihan yang cukup berbeda dari apa yang sudah lazim di masyarakat. Andien pun sering kali membagikan pola asuh Kawa ke instagram. Perbedaan cara asuh Andien dengan masyarakat kebanyakan tak jarang menuai komentar para netizen.

Cara asuh yang cukup progresif dari tradisi ini ditempuh Andien bukan tanpa pertimbangan. Istri dari Irfan Wahyudi ini selalu melakukan riset atau konsultasi sebelum menerapkan pada buah hatinya. Namun tentu saja perbedaan ini menuai pro-kontra di masyarakat, mau tau apa saja?

1. Melahirkan di Air Hangat

Andien melahirkan Kawa pada 7 Januari 2017 lalu, ia memilih persalinan dengan metode gentle birth. Metode persalinan ini memungkinkan ibu hamil untuk melahirkan secara alami tanpa rangsangan kimiawi. Lewat metode ini pula Andien melahirkan Kawa dalam air alias water birth.

Melangsungkan persalinan dalam air hangat dipercaya memberi ketenangan dan mengurangi stres pada ibu. Secara teori, janin berada dalam air selama di dalam kandungan, sehingga saat ia keluar dari rahim pun janin 'bertemu' air.

Tak hanya urusan melahirkan yang berbeda dari metode konvensional. Andien memutuskan tak memotong tali pusat alias ari-ari si kecil Kawa. Ia membiarkan tali pusat itu terhubung dengan si bayi dan putus secara alami. Menurut penuturan Andien, Kawa 'terpisah' dari tali pusatnya dalam tiga hari.

Andien bukan selebritis pertama yang menerapkan metode gentle birth. Namun metode ini menjadi populer sejak Andien membagikan pengalaman melahirkannya ke instagram. KLovers berminat meniru atau mempelajari lebih lanjut metode satu ini? Pastikan telah berkonsultasi dengan dokter kandungan dulu ya!

2. Cara Makan BLW

Pemberian makanan pendamping untuk bayi telah ditetapkan oleh WHO dan UNICEF. Menurut badan kesehatan dunia ini bayi boleh mulai dikenalkan dengan makanan selain ASI pada usia 6 bulan. Makanan pertama yang dikenalkan pada bayi pun disarankan memiliki konsistensi yang amat encer dengan metode disuapkan alias spoon feed.

Namun Andien memilih metode Baby Led Weaning alias BLW untuk diterapkan pada Kawa. Berbeda dengan metode spoon feed, BLW mengarahkan bayi untuk makan dengan tangan mereka sendiri. BLW dipercaya membuat bayi lebih aktif secara motorik.

Bayi akan memakan makanan sesuai dengan kemampuan tangan dan mulut mereka. Secara teoritis bayi memiliki refleks alami yang bisa mencegah mereka tersedak. Namun tentu saja metode BLW ini menuai kontroversi di kolom komentar instagram Andien.

3. Barefoot Baby

Andien juga punya metode tersendiri dalam urusan alas kaki si ganteng Kawa. Ia percaya barefoot alias tanpa alas kaki lebih baik untuk balita. Menurutnya sensitivitas anak bisa lebih terlatih saat telapak kakinya langsung menyentuh permukaan tempatnya berjalan.

Saat bepergian tentu Andien tetap memakaikan sepatu pada anaknya. Namun ia memilih jenis sepatu khusus, barefoot-shoes, yang dirancang menyerupai pola telapak kaki anak kecil. Bahkan saat bermain di salju pun Kawa memakai sepatu jenis ini.

4. Butyeko Breathing

Gara-gara foto dengan mulut terplester, Andien menjadi sorotan. Andien mengaku menerapkan tidur dengan kondisi mulut terplester demi pernafasan yang lebih baik. Menurut Andien bernafas hanya melalui hidung saat terlelap bisa meningkatkan kualitas tidur.

Metode ini dinamakan Botyeko Breathing yang dikembangkan oleh Konstantin Pavlovich Buteyko seorang dokter asal Ukraina di tahun 1950-an. Butyeko Breathing Techniques sendiri awalnya merupakan bentuk latihan pernafasan bagi pasien asma. Bernafas hanya melalui hidung dipercaya lebih baik dan bisa membantu pasien asma bernafas lebih baik.

Andien menerapkan metode ini tak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga anak dan suaminya. KLovers penasaran dengan metode satu ini? Pastikan berkonsultasi dengan ahli atau dokter sebelum menerapkan apa pun pada diri sendiri. Apa yang bermanfaat untuk orang lain belum tentu cocok diterapkan pada kita.

 

Dengan pengembangan dari: Fimela.com/Anto Karibo


REKOMENDASI
TRENDING