SELEBRITI

KPI Panggil Pihak Indosiar Untuk Klarifikasi Kata-Kata Kasar DePe

Guntur Merdekawan  |  Jum'at, 17 Februari 2017 20:22

KPI Panggil Pihak Indosiar Untuk Klarifikasi Kata-Kata Kasar DePe

Kapanlagi.com - Salah satu ajang pencarian bakat dangdut, D'Academy kini sudah memasuki season ke-4. Rating yang selalu tinggi menjadikan tayangan ini sebagai salah satu favorit pemirsa. Berbagai nama-nama artis top dangdut Tanah Air pun terlibat di sana, baik itu sebagai pengisi acaranya.

Uniknya, hari Selasa lalu ada sebuah momen menghebohkan yang terjadi di panggung D'Academy. Tayang secara live, dua pengisi acaranya, yakni Dewi Perssik dan Nassar terlibat argumen yang cukup parah. Bahkan, sang mantan istri dari Saipul Jamil sampai mengeluarkan kata-kata yang cukup kasar.

DePe, begitu Ia akrab disapa, sempat meminta maaf pada publik atas ucapannya lewat akun Instagram. Ia bahkan diindikasikan sudah damai dengan Nassar. Namun rupanya hal itu tak membuatnya 'aman' dari radar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Ya, pihak KPI menilai jika ada muatan yang sangat tak pantas ditunjukkan pada program yang tayang di Indosiar tersebut. Mereka pun secara resmi memanggil pihak stasiun televisi hari ini, Jumat (17/2) untuk memberikan klarifikasinya.

Suasana rapat klarifikasi Indosiar dan KPI © kpi.go.idSuasana rapat klarifikasi Indosiar dan KPI © kpi.go.id

Dewi Setyarini selaku Komisioner Pusat sangat menyayangkan kejadian munculnya kata-kata kasar pada program yang tayang secara live dan juga ditonton banyak orang tersebut. Bahkan, Ia telah menerima sekitar 300an lebih aduan dari publik.

"Program siaran itu wajib memperhatikan dan melindungi keberagaman khalayak baik itu terkait norma kesopanan ataupun norma kesusilaan. Program siaran dilarang untuk menampilkan muatan yang merugikan dan menimbulkan dampak negatif, menampilkan kata-kata kasar dan makin baik itu secara verbal atau nonverbal. Program siaran juga dilarang menampilkan muatan yang mendorong anak dan remaja untuk belajar tentang perilaku yang tidak pantas," jelas Dewi kepada perwakilan Indosiar yang hadir dalam pertemuan tersebut, seperti dilansir situs resmi KPI.

Pihak Indosiar yang diwakili oleh GM Programming Indosiar, Ekin Gabriel Surbakty sendiri mengaku bersalah dan menyesal karena kelolosan kejadian tersebut. Tak lupa Ia minta maaf dan menjelaskan jika sebenarnya pihaknya sudah melakukan beberapa cara untuk menghentikan perseteruan tersebut, seperti salah satunya mengalihkan tayangan ke bumper out.

"Kami sangat menyesalkan keluarnya kata-kata itu karena tidak sesuai etika dan nilai kesopanan. Kami dari pihak Indosiar pun telah melakukan permintaan maaf ke masyarakat baik secara on air maupun off air," jelas Ekin ke KPI Pusat.

Meski sudah ada pernyataan maaf, namun nasi sudah menjadi bubur. Pihak KPI bakal meninjau lebih jauh tentang klarifikasi yang diberikan pihak Indosiar di atas. Untuk sementara ini masih belum ada sanksi resmi yang diturunkan atas kejadian tersebut.

"Rapat pleno nanti akan menentukan keputusan yang diberikan untuk program D’Academy 4 Indosiar. KPI akan membuat keputusan segera mungkin terutama untuk kebaikan masyarakat sebagai penikmat utama tayangan," pungkas Dewi.

Jangan Lewatkan!

Punya Turunan Pakistan, Margin Wieheerm Dibilang Mirip Depe

Sempat Bertengkar Dengan Kata-Kata Kasar, Depe - Nassar Damai

Adu Mulut Dengan Nassar, Dewi Perssik Minta Maaf Kepada Publik

Setelah Lama Berseteru, Depe - Jupe Kini Rukun dan Saling Dukung

Dewi Perssik Baru Pertama Bertengkar Hebat Dengan Kakak & Ponakan

(kpl/gtr)

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Selebriti

- - -