SELEBRITI

Kuasa Hukum Berharap 6 Aset Orang Tua Nirina Zubir Bisa Kembali, Ini Yang Akan Dilakukan

Kamis, 18 November 2021 18:25

Keluarga Nirina Zubir jadi korban penggelapan aset. (credit: Kapanlagi.com/Budy Santoso)

Kapanlagi.com - Polisi masih terus menyelidiki kasus mafia tanah yang dialami keluarga Nirina Zubir, setelah sebelumnya menetapkan tersangka pada Riri Khasmita mantan ART mendiang Cut Indria Marzuki, ibunda Nirina Zubir.

Tidak hanya Riri Khasmita, suami serta petugas PPAT, yakni Edrianto dan Faridah juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Ada 6 aset yang digelapkan Riri Khasmita. Ruben Jeffrey Siregar, kuasa hukum keluarga Nirina Zubir menegaskan kalau 4 aset yang diagunkan ke bank saat ini sudah diblokir.

"Kedepan kami akan terus berusaha mengembalikan aset-aset ini kepada ahli waris, dalam hal ini keluarga Nirina Zubir," ucap Ruben Jeffrey Siregar ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (18/11).

1. Upaya Pihak Nirina Zubir

Ruben Jeffrey Siregar juga akan berkoordinasi kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN), guna mengurusi surat-surat enam aset keluarga Nirina Zubir yang dipalsukan oleh Riri Khasmita.

"Pastinya akan kami urus semuanya," katanya singkat.

Dalam kasus Nirina Zubir, Ruben Jeffrey Siregar mengatakan bahwa BPN sejak tahun 2017 sudah memberlakukan sistem Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP) yang mengakomodir validasi, terhadap NIK.

"Sedangkan di perkara Nirina, NIK yang tertera di dalam Akta Jual Beli (AJB) tidak terdaftar di Dukcapil. Seharusnya, jika NIK nya tidak terdaftar (setelah dilakukan validasi oleh BPN), maka BPN tidak dapat memproses Peralihan Hak SHM Nirina," pungkasnya.

(kpl/aal/lou)


REKOMENDASI
TRENDING