SELEBRITI

'KUCUMBU TUBUH INDAHKU' Menuju Oscar, Ini Dia Profil Pemeran Utamanya

Kamis, 10 Oktober 2019 17:52 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Kapanlagi/Irfan Kafril

Kapanlagi.com - Belum lama ini film garapan Sutradara dan Penulis Garin Nugroho terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang pemilihan film bergengsi yakni OSCAR 2020. Memang sejak pertama dirilis dan hadir di bioskop tanah air film ini banyak menuai pro dan kontra pasalnya masyarakat banyak menilai film ini mengandung unsur LGBT.

Dibalik hal tersebut, film ini sendiri dikancah Internasional menuai prestasi yang terbilang membanggakan. Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories Of My Body ini telah memenangkan penghargaan Asian Pasific Screen Award, film terbaik Festival 3 Des Continents Nantes 2018 dan film ini juga mengikuti seleksi Festival Film Internasional di Venesia.

Film ini sendiri dibintangi juga oleh beberapa aktor ternama seperti Randy Pangalila, Sudjiwo Tejo, Tengku Rifnu Wikana dan beberapa lainnya. Akan tetapi, mungkin banyak yang belum begitu mengenal siapa aktor yang berperan dibalik tokoh Juno yang merupakan karakter utama dari film ini.

Aktor tersebut bernama Muhammad Khan, pria 28 tahun asal Jepara, Jawa Tengah. Khan sendiri rupanya memang memiliki keinginan sekaligus obsesi untuk menjadi seorang aktor. Dirinya mengaku sudah mulai berakting semenjak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas dalam komunitas teater sekolahnya tersebut.

 

1. Ingin Jadi Aktor

Singkat cerita, Khan melanjutkan keinginannya tersebut untuk menjadi aktor dengan menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri ternama yakni di Institut Seni Indonesia Yogyakarta prodi teater dengan fokus minat utama Keaktoran. Selama perjalanannya, Khan pernah menjadi aktor terbaik dalam sebuah event dan prestasi yang sama kembali ia raih ketika berperan sebagai Juno dalam film Kucumbu Tubuh Indahku oleh Tempo Film Festival 2019 dan Venice Film Festival, Orrizonti section 2018.

"Saya suka menganalisi, singkatnya menjadi aktor adalah obsesi terbesar dalam hidup saya dan saya akhirnya bisa mewujudkan obsesi tersebut di film ini," ujar Khan saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, (10/10) Minggu pagi.

Film Kucumbu Tubuh Indahku ini merupakan film pertama baginya. Tak hanya itu, ternyata Muhammad Khan saat itu adalah kandidat utama yang terpilih untuk memerankan tokoh utama di film ini.

2. Film Pertama

"Ya ini film pertama saya, setelah perjalanan panjang saya untuk mewujudkan impian ini, saya waktu itu mendapat pesan whatsapp untuk ikut casting, setelah mengikuti proses akhirnya saya terpilih menjadi kandidat utama," sambungnya.

Senada dengan sang sutradara, meski mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak Khan justru merasa senang. Karena hal tersebut selain dapat membantu proses pemasaran, film ini juga dapat membuka ruang diskusi bagi para penontonnya.

"Saya justru merasa senang, selain bantu pemasaran misal buat orang penasaran, film ini pasti bakal melahirkan ruang diskusi diantara penonton, hal yang menarik pastinya. Tapi dari kecaman tersebut film garapan mas Garin ini bisa membuktikan dan sekaligus membuat bangga karena menjadi perwakilan Indonesia ke Oscar 2020 nanti," tukasnya.

(kpl/irf/frs)

Reporter: Irfan Kafril


REKOMENDASI
TRENDING