SELEBRITI

Lestarikan Lingkungan, Tania Anggraiani Arbi Ajak Generasi Muda Untuk Hijaukan Candi Dari Rumah Lewat Daring

Kamis, 08 April 2021 18:09

Candai Darling From Home (credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Salah satu kegiatan positif sangat jarang dilakukan selama pandemi ini. Ya, lewat kegiatan Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) generasi muda diajak untuk melestarikan lingkungan dengan cara yang kreatif.

Cara tersebut yaitu menghijaukan Candi dari rumah atau disebut dengan Candi Darling From Home. Nantinya ada tiga Candi yang bakan dihijaukan, namun menurut Tania Anggraiani Arbi ini mekanisme Candi Darling From Home dilakukan dengan daring. Hal tersebut membuat anak-anak muda agar lebih peduli dengan lingkungan yang juga berpartisipasi memposting kegiatan tersebut di akun media sosianya.

Unggahan lestarikan lingkungan hidup bisa memberikan tagar #CandiDarlingFromHome ditambah dengan tag akun resmi @siapdarling.

“Setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong. Selain itu, aksi dan wujud cinta lingkungan juga dapat dilakukan dengan kegiatan lari dan bersepeda yang akan dikonversi menjadi satu buah bibit pohon,” jelas Tania.

1. Ramon Y Tungka Jadi Host

Dalam kegiatan Candi Darling From Home nanti akan ada peluncuran video serie yang dibintangi aktor Ramon Y Tungka dan influencer pegiat alam Alfira Naftaly Panglila alias @anak_bebek.

Ramon Y Tungka sendiri yang menjadi host dalam seriesnya mengungkapkan tentang program Candi Darling From merupakan perspektif baru dalam menjaga lingkungan.

“Menurut saya kegiatan ini memadukan sisi merawat alam tapi juga bisa jadi wisata sejarah. Karena kita juga bisa semakin kenal kebesaran leluhur bangsa melalui candi-candi tersebut. Selanjutnya, adalah tugas kita untuk membantu menjaga keseimbangan alam di lingkungan candi ini demi kelestariannya di masa mendatang,” bilang Ramon.

2. Harapan Alfira Naftaly Pangalila

Selain Ramon Y Tungka, influencer Alfira Naftaly Pangalila juga menuturkan harapan program Candi Darling From Home dapat mencapai target 10 ribu pohon dan semak berbunga sehingga bisa secepatnya mempercantik dan meneduhkan 3 Candi tersebut.

“Bila semakin cantik, nantinya setelah situasi membaik pasti akan banyak dikunjungi wisatawan. Semoga upaya baik ini mendapat respon positif dari masyarakat, khususnya anak-anak muda,” ucap Alfira.

3. Target Penghijauan Candi

Adapun target dalam kegiatan Candi Darling From Home, para generasi muda akan menghijaukan 3 Candi dengan 10 ribu pohon dan tanaman. Bibit pohon dan tanaman didapat dari Pusat Pembiitan Tanaman (PPT) Djarum Foundation di Kudus, Jawa Tengah.

Mutiara Asmara selaku Communication Directo Djarum Foundation mengungkapkan bahwa program Candi Darling From Home merupakan gerakan yang menantang dengan melibatkan generasi muda untuk melestarikan warisan sejarah yaitu Candi.

"“Candi Darling From Home merupakan inisiasi guna melanjutkan kegiatan Candi Darling yang sudah dijalankan oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation sejak 2019 yang akan mendorong anak-anak muda untuk tetap peduli terhadap penghijauan lingkungan candi dengan cara-cara yang inovatif. Candi Darling From Home akan memfasilitasi anak-anak muda untuk melestarikan candi dengan cara yang dekat dengan keseharian mereka dan cukup dari rumah saja. Program ini akan dilaksanakan hingga tahun 2025 dan diharapkan dapat mencakup penghijauan seluruh candi-candi di Indonesia,” tutur Mutiara.


REKOMENDASI
TRENDING