SELEBRITI

Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan, Ramon Y Tungka Ungkap Dampak Positif Program Candi Darling From Home

Kamis, 08 April 2021 18:33

Ramon Y Tungka (credit; Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Menjadi host dalam program Candi Darling From Home yang juga mengajak para generasi muda peduli lingkungan seperti dengan menghijaukan 3 Candi di Jogjakarta, Ramon Y Tungka salah satu aktor dan pegiat lingkungan mengungkapkan rasa senangnya karena bisa berkontribusi meskipun sedikit.

Selain itu, Ramon Y Tungka juga mmenceritakan dampak positif adanya program Candi Darling From Home. Ya, menurut Ramon program tersebut sangat menarik lantaran bisa mengajak generasi muda untuk peduli lingkungan ditambah bisa mengetahui wawasan sejarah seperti dengan Candi.

"Menarik ya, artinya kita mengajak generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan. Siapapun sebenarnya memiliki tanggungjawab terhadap lingkungan. Namun banyak generasi muda kurang memahami untuk peduli lingkungan. Tapi melalui Candi Darling From Home ini kita mengajak generasi muda untuk memahami sejarah bangsa ini. Saya memang sering melewati daerah Sleman dan sekitarnya tapi ketika mengunjungi candi secara langsung kita jadi mengenal lebih dalam. Begitu juga saat mengikuti program penanaman kemarin." kata Ramon Y Tungka.

1. 2 Candi yang Persepekti Baru

Lanjutnya, 3 Candi yang akan dibuat untuk penghijauan yaitu Candi Sambi Sari, Candi Banunibo, dan Candi Barong. Di antara 3 Candi tersebut, ada 2 Candi yang menurutnya mendapat perspektif yang baru.

"Sebenarnya Sambi Sari dan Banyunibo memberi kesan yang asyik ya bagi gue. Di dua candi itu saya mendapat perspektif baru. Dalam artian dua candi ini sifatnya berbeda, yang satu candi Hindu yang satu Buddha. Tapi menariknya jaraknya tidak jauh. Berarti kan zaman dulu Indonesia sudah menerapkan kerukunan umat beragama." ucap Ramon.

2. Ajak Generasi Muda

Ramon juga menceritakn cara mengajak generasi muda untuk bisa peduli dengan lingkungan hidup. Ajakan anak muda ini menurut Ramon sebenarnya simple dan memberikan contoh yang baik.

"Sebenarnya simple ya. Paling simple adalah memberi contoh yang baik. Kita menjadikan ini sebuah kebiasaan kehidupan yang baru bahwa habit seperti memberi challenge untuk tidak menggunakan botol plastik sekali pakai dan digantikan dengan tumblr. Atau menggunakan public transport. Itu kan salah satu contoh simple yang nampak sehari-hari. Saya yakin perubahan kecil dilakukan terus menerus akan menjadi perubahan baik yang masif selama dilakukan terus menerus. Energi baik pasti akan menular, kita harus menerapkan gaya hidup bijak.", ujar Ramon.

3. Merasa Resah

Lanjutnya, dengan perubahan lingkungan dulu dan sekarang, Ramon merasa resah lantaran hutan yang benar-benar hijau dan asri menjadi ahli fungsi. Menyikapi keresahan dalam lingkungan yang berubah ini Ramon menyiapkan platform untuk teman-temannya yang peduli lingkungan.

"Jelas ya, hutan yang dulunya hijau mengapa menjadi alih fungsi. Ini membuat saya resah. Sebenarnya langkah yang bisa kita lakukan adalah ke gaya hidup kita sehari-hari. Saya yakin energi kecil bisa menjadi besar. Menyikapi keresahan tersebut saya menyiapkan platform-platform kecil untuk memperkuat kesungguhan dari kawan-kawan untuk peduli lingkungan. Atau mengedukasi sebab dan akibatnya. Yang penting konsisten melakukan perubahan kecil.", pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING