SELEBRITI

Hobi Banget Naik Gunung, Ramon Y. Tungka: Puncak Itu Bonus!

Minggu, 16 Desember 2018 06:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Ramon Y. Tungka © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Aktor Ramon Y. Tungka adalah salah satu artis yang mempunyai hobi mendaki gunung. Sejumlah gunung di Indonesia maupun Luar Negeri sudah pernah dia daki. Terakhir, Ramon baru saja mendaki gunung Kilimanjaro.

Bagi Ramon, tujuan utama naik gunung bukanlah menggapai puncak. Namun, yang paling penting adalah menikmati proses selama mendaki gunung.

"Saya bukan pengejar puncak. Puncak itu bonus. Yang penting pulang selamat. Saya lebih menikmati proses perjalanannya. Saya yang penting sampe pos terakhir, sampe ke puncak itu bonus tergantung mood. Kayak kemaren di Afrika delapan hari naik pendakian. Jadi proses bertahan hidupnya yang saya suka. Seninya itu," kata Ramon di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu (15/12/2018).

1. Tak Dapatkan Pengalaman Buruk

Selama mendaki gunung, Ramon mengaku belum pernah mendapatkan pengalaman buruk. Baik itu cuaca buruk maupun hal-hal mistis. Menurutnya, yang terpenting dalam mendaki gunung adalah persiapan yang cukup matang.

"Yang penting latihan dan persiapan itu kan yang penting dan harus detil. Semakin tinggi jam terbang kita bukan berarti kita makin nekat, tapi makin sabar. Tau nih kira-kira cuacanya gimana, saat kita nggak kuat ya udah jangan dipaksakan. Saat dinginnya makin parah ya tau gimana caranya biar kita nggak sickness," katanya.

"Terus banyak minum air putih, mendakinya pelan-pelan, makan banyak, itu yang paling bener. Ada ilmu-ilmu yang harus kita kuasai, intinya terus berlatih. Biarpun kita udah sering mendaki posisikan diri kita seperti belum pernah mendaki," lanjut Ramon.

2. Tetap Beraktivitas di Dunia Hiburan

Meski Ramon sering mendaki gunung, namun aktivitasnya di dunia hiburan tetap dia jalani. Ramon mengaku, jika tidak ada jadwal naik gunung, dia tetap menjalani syuting. Apalagi, aktor 34 tahun ini juga masih aktif main film.

"Kalo saya kebalik. Orang biasanya naik gunung kalo lagi nggak syuting. Kalo saya, syuting kalo lagi gak naik gunung. Kayak sekarang gunung tutup kan, ya udah ayo (syuting). Saya masih syuting film dan belum selesai, bulan depan juga syuting film juga, jadi subsidi silang. Tetep butuh duit kan," kata Ramon sambil tertawa.

(kpl/far/frs)

Reporter: Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING