SELEBRITI

Lukman Azhari Ajukan Pledoi Atas Tuntutan Jaksa Terhadap Medina Zein

Senin, 19 September 2022 22:15

Lukman Azhari dan Medina Zein © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Lukman Azhari, suami Medina Zein, menghormati tuntutan Jaksa yang meminta Hakim agar menghukum istrinya, 1 tahun 6 bulan penjara untuk kasus pengancaman, dan 1 tahun penjara untuk kasus pencemaran nama baik.

"Itu kan haknya jaksa ya dan kita harus hormati," kata Lukman Azhari kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/9/2022).

Namun begitu, sebagai pengacara sang istri, Lukman mengaku keberatan atas tuntutan tersebut. Oleh karena itu, ia mengajukan pledoi atau nota keberatan yang bertujuan bisa meringankan atau mungkin membebaskan sang istri dari segala tuntutan.

"Ya, kami akan pledoi dan nanti akan dibacakan di sidang selanjutnya," kata Lukman Azhari.

1. Sidang Lanjutan

Untuk sidang beragendakan pledoi, Hakim sudah membuat jadwal akan menggelar sidang pada Kamis, 22 September 2022. Seperti diberitakan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum membacakan tuntutan terhadap terdakwa Medina Zein atas dua perkara berbeda, yakni pencemaran nama naik dan dugaan pengancaman pada Senin (19/9/2022).

Untuk kasus pengancaman dengan pelapor Uci Flowdea, Jaksa meminta Hakim agar menghukum Medina Zein dengan kurungan penjara selama 1 tahun dan enam bulan karena terbukti bersalah melanggar Pasal 27 ayat 4 jo Pasal 45 ayat 4 UU RI nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE

"Maka kami minta kepada Hakim agar menghukum terdakwa dengan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara dipotong masa tahanan," kata Jaksa dalam tuntutannya.

2. Tuntutan Jaksa

Selain hukuman kurungan penjara, Jaksa juga meminta Hakim untuk memberikan denda sebesar Rp 200 juta kepada Medina Zein. "Ditambah dengan denda 200 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar, maka diganti dengan hukuman penjara selama enam bulan," kata Jaksa.

Sementara untuk Kasus pencemaran nama naik dengan pelapor Marissya Icha, Jaksa meminta Hakim untuk menghukum Medina Zein dengan kurungan penjara selama 1 tahun dan denda Rp 200 juta. "Kami minta Hakim menjatuhkan pidana kepada terdakwa Medina Zein dengan pidana 1 tahun penjara dan denda 200 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar, maka diganti dengan hukuman selama enam bulan penjara," kata Jaksa.

Dalam kasus pencemaran nama naik, Jaksa menuntut Medina Zein dengan Pasal 27 ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang ITE.

(kpl/dan/phi)

REKOMENDASI
TRENDING