Lula Kamal Beberkan Khasiat Tanaman Herbal Untuk Berbagai Penyakit

Selasa, 27 November 2018 22:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Lula Kamal Beberkan Khasiat Tanaman Herbal Untuk Berbagai Penyakit Lula Kamal / Credit: KapanLagi - Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Untuk merayakannya, Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) pun mengadakan event peluncuran gerakan Jaga Bhumi periode ke-2 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Perayaan ini diramaikan oleh kehadiran Dokter Lula Kamal yang mengkampanyekan gerakan back to nature.

Pada salah satu topik yang dibahas, Lula Kamal menyebut jika tanaman obat sebenarnya bisa digunakan untuk mencegah kanker, tak cuma menyembuhkan. Ia juga mengkritisi kurangnya usaha para peneliti untuk meng-eksplorasi potensi tanaman herbal yang ada di Indonesia ini.

"Kita kurang mengeksplor (potensi tanaman herbal), penelitian kurang bahkan di dunia kedokteran juga masih mundur maju," ujar Lula Kamal saat ditemui pada peluncuran Jaga Bhumi di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (21/11).

Lula Kamal / Credit: KapanLagi - Sahal FadhliLula Kamal / Credit: KapanLagi - Sahal Fadhli

Seperti diketahui, Indonesia memiliki sekitar 30 ribu hingga 40 ribu jenis tumbuhan. Melalui penelitian Riset Tumbuhan dan Jamu (Ristorja; tahun 2012-2017) oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), tercatat Indonesia memiliki sejumlah 6 ribu sampai 7,5 ribu tanaman obat saja.

Perempuan cantik blasteran Arab, Sunda dan Betawi ini lalu membahas tentang salah satu program treatment kejiwaan yang ditemuinya di Inggris. Lula berharap agar treatment tersebut juga bisa diaplikasikan di Indonesia suatu saat nanti.

"Di UK (United Kingdom) sekarang sudah menerima treatment kejiwaan jalan-jalan di hutan. Perlu kita tahu bahwa tensi darah bisa turun dengan jalan-jalan di hutan. Saat pagi sampai sore hari tanaman mengeluarkan oksigen. Di Jepang ada fasilitas oksigen tapi dibayar, sedangkan di Indonesia banyak nggak perlu bayar. Oksigennya pure, cuman belum dilirik lagi," sambungnya.

Lula juga membeberkan sebuah khasiat penting dari obat herbal yang mungkin masih jarang diketahui para penderita radang. Daripada memilih obat antibiotik yang mengandung zat kimia, istri Ismail Khan itu pun menyarankan agar memanfaatkan bahan alami dapur yang lebih berkhasiat.

"Kita kalau radang langsung beli antibiotik aja. Padahal ada kunyit, bawang putih dan daun zaitun sebagai antibakteri, antivirus dan antijamur. Jika kita makan sekali, maka selesai masalah kita. Kalau ke dokter biasanya dikasih segala macam obat kalau masih ngeraba-raba (diagnosa). Obat yang diminum ternyata nggak ada urusannya dengan sakitnya. Obat dibersihin di hati, udah gitu bayar dan nggak ada gunanya. Harus lebih bijaksana, walaupun dokter teriak kalau minum obat yang rasional, tapi kadang pasien ngotot minta obat setelah diperiksa," imbuhnya.

Lula Kamal / Credit: KapanLagi - Deni MulyadiLula Kamal / Credit: KapanLagi - Deni Mulyadi


Saat ini juga ada penyakit saluran pencernaan yang disebut GERD. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung naik kembali ke esofagus (refluks) sehingga seseorang akan mengalami mual bahkan muntah. Dan ternyata penyakit ini bisa diatasi dengan mengonsumsi kunyit dan temulawak pagi dan malam hari.

"Ada lagi penyakit asam lambung naik ke atas disebut GERD obatnya bisa puluhan ribu per tablet, padahal kalau minum kunyit sama temulawak pagi sama malam selesai. Segitu mudahnya," jelasnya lagi.

Masih belum cukup dengan tips-tips di atas, Lula Kamal memberi satu bocoran lain untuk menyembuhkan sakit gigi. "Ada namanya kearifan lokal, sakit gigi pake minyak cengkih sedikit dipake kumur. Zaman dulu ini dilakukan. Jangan berpikir mengobati, tapi mencegah supaya nggak sakit. Tanaman obat mestinya mesra pada dokter jangan kemudian dilirik kalau udah mentok. Kalau bisa dibarengi," pungkas Lula Kamal.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING