SELEBRITI

Majelis Hakim Kabulkan Penangguhan Penahanan Vicky Prasetyo, Ternyata Ini Salah Satu Jaminannya

Jum'at, 18 September 2020 22:01

Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Vicky Prasetyo diketahui kemarin, Kamis (17/9) telah resmi bebas dari rutan Salemba dan menjadi tahanan kota. Tapi ternyata kebebasan Vicky Prasetyo harus memberikan uang senilai Rp 200 juta untuk jaminan penangguhanan penahanannya.

Hal itu diungkap oleh ibunda Vicky, Emma Fauziah saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan usai menjemput Vicky pada hari yang sama. Ia menyebut hal itu ditawarkan majelis hakim sebagai jaminan kepada negara.

"Ini murni hakim yang menawar kan. Kalau memang bersedia, keluarga silakan menjaminkan kepada negara senilai Rp 200 juta," ungkap Emma Fauziah.

 

1. Siapkan Uang Jaminan

Tentu saja, untuk kebebasan sang anak tanpa berpikir panjang, Emma Fauziah pun lengsung menyiapkan uang tersebut. Selain itu, Emma juga mengakui bahwa dirinya sempat putus asa karena permohonan penangguhan Vicky Prasetyo sempat ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Ya sudah kami siapkan langsung. Kami menjaminkan senilai Rp 200 juta sama negara. Pada awalnyakan permohonan nggak dikabulkan, kami sudah lupa banget (soal penangguhan). Akhinya hakim menawarkan kalau keluarga berkenan lagi silakan ajukan kembali," ujar Emma.

Meski begitu, tak lupa Emma pun menjelaskan bahwa uang tersebut merupakan jaminan kepada negara. Setelah itu, apabila proses hukum Vicky Prasetyo telah selesai, uang Rp 200 juta itu akan dikembalikan lagi kepada keluarga Vicky Prasetyo.

"Kami disuruh menyiapkan Rp 200 juta, silakan bayar ke bank untuk jaminan negara. Setelah nanti selesai bisa kami ambil lagi uangnya," tukasnya.

2. Syarat Penangguhan

Terkait dengan penangguhan penahanan, dapat kita lihat ketentuan yang mengaturnya dalam Pasal 31 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Berbunyi atas permintaan tersangka atau terdakwa, penyidik atau penuntut umum atau hakim, sesuai dengan kewenangan masing-masing, dapat mengadakan penangguhan penahanan dengan atau tanpa jaminan uang atau jaminan orang, berdasarkan syarat yang ditentukan.

Artinya, dengan demikian untuk seseorang mendapat penangguhan penahanan, harus ada beberapa syarat. Yang pertama, permintaan dari tersangka atau terdakwa dan yang kedua permintaan penangguhan penahanan ini disetujui oleh penyidik atau penuntut umum atau hakim yang menahan dengan atau tanpa jaminan sebagaimana ditetapkan, lalu yang ketiga da persetujuan dari tersangka/terdakwa yang ditahan untuk mematuhi syarat dan jaminan yang ditetapkan.


REKOMENDASI
TRENDING