SELEBRITI

Marc Marquez Alami Gangguan Penglihatan Ganda Setelah Kecelakaan Hebat di MotoGP Mandalika

Kamis, 24 Maret 2022 08:59

Marc Marquez - Credit: instagram.com/marcmarquez93

Kapanlagi.com - Marc Marquez alami kecelakan hebat pada MotoGP 2022 seri kedua yang berlangsung di Sirkuit Mandalika akhir pekan lalu. Mengeluh sakit pada matanya saat perjalanan ke Spanyol, pembalap Repsol Honda tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Clinic de Barcelona dan ditangani oleh dokter mata profesional Sánchez Dalmau.

Setelah diperiksa, pembalap asal Spanyol tersebut didiagnosis alami gangguan penglihatan ganda atau diplopia. Faktanya, Marc Marquez memang sempat dua kali menderita gangguan itu. Pertama, saat dirinya terlibat kecelakaan di Sepang Malaysia pada 2011 dan kedua pada akhir Oktober 2021 saat terjatuh pada sesi latihan di Spanyol

Pada MotoGP Mandalika, Marc Marquez diketahui sempat jatuh pada sesi kualifikasi di hari Sabtu (19/3) waktu setempat. Pada sesi pemanasan di race day yang berlangsung keesokan harinya, Marquez kembali alami kecelakaan yang lebih parah.

Kecelakaan itu menyebabkan pembalap 29 tahun tak bisa mengikuti balapan di MotoGP Mandalika yang berlangsung pada Minggu (20/3) sore. Pada akhirnya, balapan di Sirkuit Mandalika dimenangkan oleh rider asal Portugal, Miguel Oliviera.

1. Curhatan Marquez

"Tampaknya saya mengalami deja vu... Dalam perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai mengalami rasa tak nyaman pada penglihatan saya, dan kami putuskan untuk mengunjungi dr. Sanchez Dalmau, yang mengonfirmasi bahwa saya mengalami episode baru diplopia," tulis Marquez pada unggahan Instagram-nya.

"Beruntung, cedera kali ini tak terlalu parah dari cedera yang saya alami akhir tahun lalu. Namun, kini saatnya istirahat dan menunggu bagaimana cedera ini berevolusi. Seperti biasa, terima kasih banyak kepada semua orang atas dukungan kalian!!" pungkas pembalap berusia 29 tahun ini.

2. Nasib Marc Marquez di Balapan Selanjutnya

Setelah mengalami kecelakaan hebat dan didiagnosa diplopia, kini nasib Marquez untuk kembali bersaing di balapan selanjutnya jadi pertanyaan. Bukan tidak mungkin bagi Marquez untuk absen lagi mengingat cedera tersebut kemungkinan membutuhkan waktu untuk penyembuhan.

Seri MotoGP 2022 selanjutnya akan berlangsung di Argentina, tepatnya di Autodromo Termas de Rio Hondo pada Senin 4 Maret 2022. Meski begitu, masih ada kemungkinan bagi Marquez untuk bisa menjalani balapan itu setelah dirinya benar-benar dinyatakan pulih oleh dokter.

3. Diplopia

Mengutip dari laman Cleveland Clinic via Antaranews, Diplopia adalah istilah medis untuk penglihatan ganda. Jadi, penderita dapat melihat dua gambar dari satu objek. Salah satu penyebab diplopia bisa berawal dari otak dan saraf, sebab saraf yang mengontrol mata terhubung langsung ke otak.

Atas kejadian yang menimpanya, Marc Marquez mendapat simpati dan doa dari jutaan penggemarnya serta rekan sesama pembalap MotoGP sepeti Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo. Lekas pulih kembali, Marc Marquez!

(kpl/ums)


REKOMENDASI
TRENDING