Meski Sederhana, Komedian Sogi Indra Dhuaja Ajari Pentingnya Mencuci Tangan

Minggu, 29 Oktober 2017 12:35 Penulis: Mita Anandayu
Meski Sederhana, Komedian Sogi Indra Dhuaja Ajari Pentingnya Mencuci Tangan Sogi Indra Dhuaja © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Setiap tanggal 15 Oktober kini diperingati sebagai Global Handwashing day alias Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia. Kampanye ini dicanangkan PBB bekerja sama dengan organisasi baik swasta maupun pemerintah pada Annual World Water Week di Stockholm medio 2008 silam.

Tak ingin ketinggalan, baru-baru ini Kementrian Kesehatan bersama Millenium Challenge Account Indonesia dan MNC Channels turut meramaikan hari tersebut. Mereka menggelar acara di Taman Honda, kawasan Tebet, Jakarta Selatan, sejak pagi hingga siang hari dimulai dari talkshow hingga beragam lomba seru bersama ibu-ibu PKK dan anak-anak Posyandu.

Sogi Indra Dhuaja ditunjuk sebagai brand ambassador © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaSogi Indra Dhuaja ditunjuk sebagai brand ambassador © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Komedian Sogi Indra Dhuaja yang ditunjuk sebagai brand ambassador mengaku bersemangat kala terlibat dalam acara tersebut. Mencuci tangan dengan sabun sendiri memang terlihat sebagai hal sederhana namun ternyata bisa memberi dampak bagi hidup manusia.

"Meski sepele, cuci tangan itu sangat penting ya. Makanya kepada anak saya benar-benar memberi dia pengertian betapa pentingnya agar tangan selalu bersih dan tidak ada bakteri yang masuk ke dalam mulut," jelas pria yang angkat nama lewat acara komedi Extravaganza ini.

Sogi kemudian melanjutkan, "Jadi saat saya habis melakukan sesuatu, saya akan perlihatkan pada anak ketika mencuci tangan pakai sabun. Lama-lama dia akan mengerti pentingnya," kata dia.

Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia, mencuci tangan memakai sabun mampu mengurangi angka diare dan Infeksi Saluran Pernapasan atau ISPA sampai hampir setengahnya. Hal ini harus dilakukan terutama ketika sudah buang air besar, sebelum makan dan memasak.

(kpl/abs/mit)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING