SELEBRITI

Meski Terganggu Dengan Pembajakan, Rano Karno: 'Itu Gak Bisa Dihindari'

Minggu, 02 Desember 2018 18:51 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Rano Karno © KapanLagi.com/Bambang E. Ros

Kapanlagi.com - Pembajakan jadi salah satu masalah utama di industri hiburan. Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin mudah pula pembajakan dilakukan. Hal itulah yang sangat disayangkan oleh Rano Karno, saat dijumpai di KFC Kemang Jumat, (30/11) lalu.

"Pastilah, itu kan gak izin, itu gak bisa dihindari. Kadang-kadang kita lihat aja di Instagram mereka bikin versus sendiri theme songnya Selamat Jalan Kekasih ceritanya laen. Mereka ngambil dari mana sih. Dari YouTube sekarang ada caranya kan bisa ngerekam, kreatif loh. Kayaknya itu emang gak bisa dihindari ya mudah-mudahan itu gak bisa merusak sebuah jalan cerita," tukas Rano.

1. Atas Dasar Kesukaan

Rano menyayangkan, namun ia sebagai seorang creator pun paham hal itu atas dasar kesukaan. "Saya sangat yakin, mungkin dasar utama mereka membuat itu karena mereka suka, kalau gak suka gak mungkin mereka buat. Nah kesukaan itu kan macem-macem. Pasti yang mengerti tentang teknologi kayak gini kan anak-anak milenial. Kalau orang umur-umur kayak saya kan udah gak tau deh, gagap tekhnologi deh," jelasnya.

Kendati begitu, pemeran Si Doel ini tetap berharap para creator berhenti lakukan hal tersebut. "Itu ya gak bisa dihindari. Tapi kalo bisa diimbau, yuk kita created sendiri-sendiri gitu," ujar Rano.

2. Kerjasama Dengan Banyak Pihak

Karenanya, demi hindari pembajakan yang makin marak, Rano bekerjasama dengan sejumlah pihak agar film Si Doel dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas, yakni dalam bentuk DVD. Nggak disangka lho, DVD Si Doel The Movie sudah terjual laris.

"Seperti yang saya katakan tadi, saya bekerja sama dengan Falcon Picture. Untuk urusan distribusi lebih saya kasih kuasa pada Falcon. Kalau TV ritenya sudah dipegang RCTI, kemudian kalo DVD dengan KFC. Mungkin saja nanti akan kerja sama dengan Netflix," tukas pria 58 tahun ini.

Kendati menyebut kemungkinan bekerjasama dengan salah satu penyedia layanan streaming, Rano mengaku belum ada kelanjutan. "Mungkin belum, karena ya ini kan belum main di TV nih belum diputer di stasiun TV kan. Kan ada batas waktu biasanya dua tahun setelah tayang (di biskop) baru boleh (tayang di TV)," pungkasnya.

 


REKOMENDASI
TRENDING