Miris, Inilah Kisah Pilu Bambang 'Kentung' Triyono Semasa Hidup

Senin, 29 Juni 2015 21:15 Penulis: Risang Sudrajad
Miris, Inilah Kisah Pilu Bambang 'Kentung' Triyono Semasa Hidup Bambang Triyono 'Kentung' @foto: Youtube.com
Kapanlagi.com - Nama Bambang Triyono dikenal baik di era tahun 90an melalui sinetron TUYUL dan MBAK YUL dan tokoh Kentung. Namun semua itu sirna semenjak dirinya tak lagi menjadi seorang aktor atau pelawak.

Kehidupannya berubah drastis menjadi sangat mengenaskan. Bambang Triyono harus rela hidup dalam sebuah rumah kost sempit yang pastinya tak nyaman. Kesehatannya pun tak lagi prima karena menderita stroke sejak tahun 2010 silam.

Kondisi memprihatinkan ini diungkapkan oleh seorang pegawai Dinas Sosial DIY, Feriawan Agung Nugroho. Pertemuannya dengan Bambang ternyata berbuah cerita panjang dari karir si pemeran jin tambun tersebut.

"Butuh waktu banyak untuk bisa memulai pembicaraan pada masa kenapa ia bisa sampai seperti ini. Dia ceritakan, ketika dia kena penyakit tidak bisa berdiri, kakinya patah, kemudian rezeki patah pula. Tidak ada panggilan manggung, istrinya juga menceraikan dia," ujar Feriawan Agung Nugroho saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Bambang Triyono 'Kentung' @foto: Facebook/Feriawan Agung NugrohoBambang Triyono 'Kentung' @foto: Facebook/Feriawan Agung Nugroho

Kondisi Bambang Triyono saat itu memang seakan digantung berat. Banyak orang sebenarnya mempunyai niatan baik untuk membawanya ke panti jompo, namun karena usianya yang saat itu masih 58 tahun menyebabkan dirinya tak bisa dirujuk ke panti karena masalah administrasi.

"Dia tidak bisa dirujuk ke panti waktu itu. Tidak bisa karena usianya masih di bawah 58 mau 59 tahun, sementara untuk bisa masuk panti harus berusia 60 ke atas. Di samping itu, dengan kondisi seperti itu, panti tidak sanggup," ujar Feriawan Agung Nugroho.

"Akhirnya kami pending. Sambil menunggu selama itu, saya dan teman-teman mendonasikan uang kepada dia, sebagai penyambung hidup sampai dia meninggal pada Februari," tambahnya.

Yap, tepat di bulan Februari 2015 lalu, Bambang Triyono alias Kentung menghembuskan nafas terakhirnya. Aktor sekaligus pelawak Srimulat ini dimakamkan di Bantul, Yogyakarta. 

(kpl/adb/abl)

Reporter:

Adhib Mujaddid


REKOMENDASI
TRENDING