SELEBRITI

Nggak Cuma Daft Punk, 7 Musisi Ini Memilih Untuk Menutupi Wajahnya di Panggung

Rabu, 24 Februari 2021 07:45 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Beberapa gimmick dilakukan oleh musisi biar bisa dapat atensi dari para fans-nya. Salah satu yang jamak adalah aksesori penutup muka. Ninggalin kesan yang (seolah) anonim terbukti meningkatkan rasa penasaran sekaligus social engagement dari para penggemar.

Baru-baru ini, duo musisi elektronik Daft Punk memilih untuk bubar tanpa alasan yang jelas. Mereka adalah salah satu musisi dengan penutup wajah yang ikonik. Helm yang digunakan oleh duo yang terbentuk di tahun 1993 ini sukses jadi sensasi dan bahkan menginspirasi musisi lainnya.

Terhitung, ada beberapa musisi yang memiliki penampilan anonim di atas panggung, mulai dari helm, topeng, make up, bahkan hingga karikatur. Ini daftarnya.

1. Slipknot

Slipknot yang digawangi Corey Taylor dan kawan kawan adalah senior dari musik heavy-metal asal Amerika. Dengan tampilan yang gahar dan seram, band yang terbentuk sejak 1995 ini manggung dengan menggunakan topeng horror yang seolah relevan dengan musik yang mereka bawakan. Tahun 2020 kemarin Slipknot dijadwalkan manggung di Indonesia, tapi pandemi membuat agenda konser mereka ditunda sampai tahun 2022.

2. Deadmau5

Deadmau5 adalah produser musik elektronik asal Kanada yang memiliki nama asli Joel Zimmerman. Helm besar berbentuk tikus adalah ciri khas dari produser berumur 40 tahun ini. Asal mula nama Deadmau5 dan helm-nya sih berawal ketika doi menggunakan user name deadmouse buat selancar dan chatting di internet. Eh ternyata nama ini keterusan jadi stage name.

3. Kiss

Musik cadas emang identik dengan tampilan yang cenderung seram. Selain Slipknot, ada juga sesepuh band metal yaitu Kiss. Terbentuk di tahun 1973, Kiss sudah memiliki 38 album studio. Tampilan ikonik dari mereka adalah menggunakan riasan di wajah berwarna hitam putih dengan motif petir yang menyerupai huruf S.

4. Marshmello

Sekurang-kurangnya, semua remaja penikmat musik di dunia pasti pernah satu kali mendengarkan single dari Marshmello yang berjudul Alone. Single itu melambungkan nama Marshmello yang tampil dengan kostum serba putih dan helm besar berbentuk Marshmello. Cowok bernama asli Chris Comstock ini usut punya usut terinspirasi dari Daft Punk dalam menentukan penampilannya di atas panggung.

5. Claptone

Claptone adalah produser house music asal Jerman yang mulai berkarir sejak tahun 2012. Penampilannya yang mencolok sukses bikin penonton nggak cuma menikmati musiknya, tapi juga kostum yang digunakan. Claptone memakai topeng burung berwarna emas dengan hidung yang panjang. Sekilas, topeng ini mirip dengan topeng tokoh anonymous yang bertebaran di dunia maya. Tambahan aksesori topi fedora menambah kesan misterius dari DJ yang sudah beberapa kali manggung di Jakarta ini.

6. Gorillaz

Untuk band yang satu ini, mereka tidak menggunakan riasan, topeng, atau helm. Tapi Gorillaz adalah band virtual bermode 2D yang terbentuk di tahun 1998. Pada awal kemunculannya, banyak fans mengira bahwa karikatur dari keempat personil Gorillaz ini merepresentasikan sosok aslinya. Namun setelah terbongkar, fans akhirnya sadar jika sosok dibalik pelantun Feel Good Inc ini adalah vokalis Blur yakni Damon Albarn dan seorang animator bernama Jamie Hewlett.

7. Kuburan Band

Berasal dari Bandung, band ini sempat menjadi sensasi di jagat pertelevisian tanah air. Dari namanya saja sudah unik, yakni Kuburan Band. Terbentuk pada 2001, Kuburan Band pada awalnya memainkan musik cadas seperti metal. Namun seiring berjalannya waktu, mereka juga memainkan musik yang jenaka seperti lagu Lupa-Lupa Ingat.

Well, kostum adalah bagian dari ikon para musisi. Tampilan yang kece jadi nilai tambah dalam aksi panggung yang sempurna. Seperti Daft Punk, walaupun sudah bubar namun penampilan mereka dengan helm yang ikonik bakal selalu bikin para penikmat musik kangen.

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING