Nicolas Saputra-Marcella Zalianty, Aktor-Aktris Terbaik FFI 2005

Jum'at, 16 Desember 2005 21:13 Penulis: Anton
Kapanlagi.com - Penganugerahan bagi insan film di Indonesia pada 'Festival Film Indonesia 2005' (FFI), mengukuhkan Nicholas Saputra dan Marcella Zalianty sebagai aktor dan aktris terbaik. Maklum, prestise Piala Citra untuk kategori yang satu ini adalah yang paling dominan di antara penghargaan yang lainnya.

Ajang yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC Plenary Hall), Kamis (15/12) malam, berlangsung dengan meriah dengan dihadiri banyak bintang film. Nico, sapaan bagi Nicholas Saputra, sendiri akhirnya berhasil menyabet Piala Citra, setelah pada tahun yang lalu gagal meraihnya.

Nama cowok ganteng ini tercatat dua kali masuk daftar 'Aktor Terbaik'. Lewat film GIE dan JANJI JONI. Tahun lalu, Nico kalah dari Tora Sudiro, yang menang lewat BANYU BIRU. Kebahagian Nico sangat terasa lengkap, karena film yang dibintanginya, GIE, berhasil menyabet anugerah sebagai film terbaik.

Sedangkan aktris cantik Marcella Zalianty, boleh berbangga dengan membawa pulang Piala Citra untuk kategori 'Pemeran Utama Wanita Terbaik' lewat film BROWNIES. Sementara sang sutradara, Hanung Bramantyo juga mengantongi Piala Citra untuk film arahannya ini.

Kategori Tata Suara juga direbut BROWNIES melalui Asifa Nasution dan Adi Molana. Mereka yang menjadi pemeran pembantu dalam film, tentu juga mendapatkan penghargaan dalam kategori 'Pemeran Pendukung Terbaik'. Versi wanitanya dimenangkan oleh Adinia Wirasti dalam TENTANG DIA, sementara versi laki-lakinya dibawa pulang oleh Gito Rollies lewat JANJI JONI.

Film yang sempat bikin geger, VIRGIN, hanya berhasil membawa pulang satu Piala Citra untuk kategori 'Tata Artistik Terbaik'. Kategori 'Skenario Terbaik' direbut oleh Musfar Yasin lewat film KETIKA. Film kurang lengkap rasanya tanpa musik. Dalam 'FFI 2005', Anto Hoed menggondol Piala Citra untuk kategori 'Tata Musik Terbaik' lewat film TENTANG DIA.

Daftar Pemenang FFI 2005:

'Film Terbaik'

GIE (Miles Production)

'Pemeran Utama Wanita Terbaik'

Marcella Zalianty (BROWNIES)

'Pemeran Utama Pria Terbaik'

Nicolas Saputra (GIE)

'Pemeran Pendukung Wanita Terbaik'

Adinia Wirasti (TENTANG DIA)

'Pemeran Pendukung Pria Terbaik'

Gito Rollies (JANJI JONI)

'Skenario Terbaik'

Musfar Yasin (KETIKA)

'Sutradara Terbaik'

Hanung Bramantyo (BROWNIES)

'Tata Sinematografi Terbaik'

Yudi Datau (GIE)

'Editing Terbaik'

Yoga K Kusprapto (JANJI JONI)

'Tata Artistik Terbaik'

Frans XR Paat (VIRGIN)

'Tata Suara Terbaik'

Asifa Nasution, Adi Molana (BROWNIES)

'Tata Musik Terbaik'

Anto Hoed (TENTANG DIA)

'Kritik Film Terbaik'

Erik Sasono (GIE dan Problem Adaptasi)

(kl/zee/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING