Pakai Handphone Saat Gendong Anak, Astrid Tiar Ditegur

Senin, 18 September 2017 13:44 Penulis: Mahardi Eka
Pakai Handphone Saat Gendong Anak, Astrid Tiar Ditegur KapanLagi.comĀ®

Kapanlagi.com - Kegelisahan orang tua terkait ketergantungan anak dengan gadget rupanya juga dirasakan artis cantik Astrid Tiar. Ibu dari Anabel ini mengaku mendapatkan pelajaran berharga terkait gadget dan anak dari pengalamannya tinggal di Inggris selama tiga tahun.

Selama berdomisili di Inggris, Astrid ternyata sempat berurusan dengan para orang tua lain, yang menegurnya karena menggunakan gadget saat bersama sang anak. Dari sanalah dirinya belajar banyak agar sang buah hati tidak terlalu bergantung dengan gadget.

"Justru di luar (Inggris) itu gak ada gadget. Aku pernah ditegur, jadi di sana itu setiap satu minggu sekali orang pada datang ke rumah kan, padahal cuman jawab telepon doang pas gendong anak. Itu ga boleh aku ditegor sama orang sana. Telepon, kalau ada anak, jauh-jauh dulu," kenangnya.

Wah lalu kalau tak boleh bawa telepon, bagaimana hubungan dengan keluarga dan orang terdekat? "Jadi kalau ada keluarga mau telepon, telepon ke rumah aja. Jadi di sana aku belajar, orang di sana justru lebih menghargai waktu lebih hargai kebersamaan," jelas mantan model majalah remaja ini.

Astrid pun bercerita bahwa di Inggris para orang tua sangat disiplin terkait penggunaan gadget di kalangan anak-anak. Ada beberapa batasan dan tingkatan untuk dipatuhi anak dan orang tua sebelum mereka bisa menggunakan gadget. Apa saja?

"Youtube-nya bener-bener dibatesin banget. Ada nol sampai berapa tahun. Ada umur-umurnya kalo mau nonton. Di sini kok enggak ada tingkatannya ya, jadi ya di situ sih aku deg-degannya di situ. Jadi makanya ketika dia nonton Youtube harus ada org-orang di sekitarnya. Karena takutnya ada iklan-iklan yang gak sesuai umurnya kan?" tutur Astrid.

Walau memiliki banyak kekhawatiran terkait penggunaan gadget di Indonesia, Astrid mengaku mantap untuk tinggal seterusnya di negara tercinta lagi. Apa alasannya? "Aku mau bekerja lagi, doakan saya. Jangan tanya (kerjaan), kangen banget. Aku sudah ga sabar sih," aku Astrid.

"Yang pasti memprioritaskan keluarga. Untuk masalah jadwal kan bisa secara musyawarah mufakat aja, tapi yang pasti keluarga dan pekerjaan," jelasnya terkait jadwal yang akan dijalaninya sembari mengatur waktu bersama suami dan putri kecilnya.

Lantas, apakah si kecil ingin mengikuti jejaknya? Mendengar pertanyaan ini, Astrid justru mengembalikan semua pada putrinya dan bertanya langsung padanya apakah Anabel ingin menjadi artis saat sudah besar nanti. "Enggak, (maunya jadi) dokter kulit," jawab gadis cantik ini.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING