SELEBRITI

Pengakuan Titiek Puspa Jadi Gudang Penyakit, Sempat Ganti Nama 3 Kali

Minggu, 19 April 2020 20:15

Titiek Puspa / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Di usia yang kini sudah menginjak 82 tahun, Titiek Puspa masih senantiasa terlihat begitu segar dan sehat. Bahkan, beliau juga masih terus aktif menjalankan berbagai aktivitasnya. Tak heran jika sosoknya dilabeli sebagai salah satu wanita paling inspiratif di Indonesia saat ini.

Belum lama ini, Eyang Titiek diundang untuk jadi bintang tamu di Podcast channel Youtube Deddy Corbuzier. Pada kesempatan itu, Ia bercerita banyak mengenai rahasia hidupnya yang tetap penuh dengan semangat di usia senja.

Namun di balik sosoknya yang ceria, ternyata Titiek Puspa juga sering banget sakit loh. Hanya saja, Ia memang tak pernah mengumbarnya untuk konsumsi publik. Deddy pun terkejut ketika mendengar cerita tersebut.

"Kalau mau tahu, saya itu gudang penyakit. Tapi saya tahu Tuhan memberikan sesuatu ada maunya. Kalau beliau memang menginginkan saya hidup, walaupun banyak penyakit, ya itu (penyakit) pergi lagi," ungkap Titiek Puspa, seperti dikutip KapanLagi.com dari channel Youtube Deddy Corbuzier.

1. Ganti Nama 3 Kali

Saking seringnya sakit, ketika kecil dulu beliau sempat beberapa kali ganti nama. Memang ada beberapa orang yang percaya jika mengganti nama anak adalah satu cara untuk memutus rantai penyakit.

"Dari kecil aja nama saya diganti 3 kali, gara-gara sakit terus. Sakit, Kadarwati, diganti Sudarwati, sakit lagi, diganti Sumarti, sakit lagi. Udah sakit-sakit terus akhirnya saya pakai nama Titik Puspa saja. Tapi masih sakit juga," kenangnya.

2. Kena Kanker di Usia 73 Tahun

Fakta menariknya, Titiek Puspa ternyata sempat divonis kanker ketika dirinya berusia 73 tahun. Meski levelnya sudah cukup kritis, namun pada akhirnya pelantun Kupu-Kupu Malam ini bisa bertahan mengalahkan penyakitnya.

"Tahu nggak, umur 73 aku sakit kanker. Tapi karena Tuhan menghendaki, ya silakan (lanjut). Pasrah, tapi ada komplain juga, 'Tuhan saya ini udah ke dokter. Mula-mula 1,5, udah ke dokter kok malah hampir 3. Ini apa maunya?'. Saya ini sakit sekali, waktu itu sakitnya udah deh, saya melahirkan anak aja nggak kayak gitu. Taruh deh, sakitnya melahirkan anak 100 sama sakitnya itu (kanker), nggak ada bandingnya. Itu seluruh tubuh sakit, sampai nggak ngerti lagi, tangan rasanya seperti ilang," sambungnya lagi.

3. Pasrah Mau Masuk Surga atau Neraka

Pada saat itu, Titiek Puspa sejatinya sudah pasrah pada hidupnya. Namun rupanya memang Tuhan masih menginginkan ibu 2 anak ini untuk tetap melanjutkan hidupnya.

"Kalau begini Tuhan rasanya sudah nggak kepengen saya, kalau begitu ambil aja saya. Saya mau ditaruh di mana saja silakan, surga apa neraka. Tapi kalau misalkan Tuhan masih menginginkan saya tinggal di dunia, ada tugas, tolong kasih saya isyarat. Tapi sambil nangis teriak-teriak. Nggak taunya setengah jam kemudian, beli tiket ke Jakarta, pulang. Aku waktu itu pengobatannya di Singapura waktu itu," tutup Titiek.


REKOMENDASI
TRENDING