SELEBRITI

Pilih Jalur Perdata, Irwansyah Tak Tega Penjarakan Adik Kandungnya Sendiri

Jum'at, 07 Januari 2022 19:08

Irwansyah tak tega penjarakan Hafiz Fatur ©instagram.com/irwansyah_15

Kapanlagi.com - Sebelumnya Irwansyah sudah melaporkan sang adik Hafiz Fatur ke Polres Metro Jakarta Selatan atas kasus pemalsuan surat kuasa yang menyebabkan dirinya dan sang istri Zaskia Sungkar rugi hingga Rp 5 Miliar. Namun setelah berdiskusi dengan pihak kepolisian, Irwansyah memutuskan untuk membawa kasus ini ke jalur perdata.

Hal itu disampaikan oleh kuasa hukum Irwansyah, Muhammad Zakir Rasyidin di Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (7/1). "Hari ini kita hanya mengirimkan surat, membawa surat berkaitan dengan menyampaikan bahwa klien kami fokus ke perkara perdata," katanya.

Rencananya Irwansyah akan mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Tangerang pada 10 Januari mendatang. "Gugatannya kita daftarin rencananya hari Senin (10/1). Iya ke PN Tangerang," katanya.

1. Akan Cabut Laporan

Selain itu Irwansyah juga akan mencabut laporan pidananya dalam waktu dekat. Karena ketentuan Mahkamah Agung melarang perkara yang sama diproses lewat jalur pidana dan perdata.

"Jadi terkait pidananya kita akan mencabut laporannya. Karena memang tidak bisa terhadap perkara yang sama proses hukum. Berkaitan laporan (pidana) akan kita tunda dan segera kita mungkin lakukan pencabutan laporan," papar Zakir.

2. Tidak Tega Penjarakan Sang Adik

Alasan Irwansyah mengambil jalur perdata dengan harapan hartanya bisa kembali lagi. Selain itu Irwansyah juga sepertinya tidak tega untuk penjarakan sang adik.

"Karena sudah jelas dengan disitanya rumah tersebut menimbulkan kerugian. Kalau perkara pidana kita tidak bisa meminta kerugian itu dan kerugian itu hanya dikenai dalam hukum perdata itu. (Kerugian) yang saya sebutkan kemarin sekitar Rp 5 Miliar ya. Ada 4 unit rumah dan 1 unit mobil, jadi itu yang nanti saya fokuskan," jelasnya.

"Sebenarnya tidak tega, cuma kan karena perbuatan yang menimbulkan kerugian bagi dia secara pribadi ya bagaimana," lanjut Zakir.

 

3. Hafiz Fatur Masih DPO

Sampai saat ini Hafiz Fatur pun masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Saya belum tahu di mana dia (Hafiz). Saya nggak pernah ketemu Hafiz dan saya juga tidak begitu mengenal ya," pungkasnya.

4. Pemalsuan Tanda Tangan

Hafiz Fatur, adik Irwansyah diduga telah melakukan melakukan pemalsuan tanda tangan dan dokumen. Laporan itu sudah masuk di Polres Metro Jakarta Selatan sejak 19 November 2021. Menurut Kuasa Hukum Irwansyah, laporan tersebut berkaitan dengan pemalsuan tanda tangan.

"Pelaporan ini berkaitan adanya dugaan pemalsuan tanda tangan. Yang mana, klien kami kaget saat ada bank yang mengirimkan surat tagihan ke rumahnya. Bahwa Irwan sudah tidak bayar cicilan terkait adanya peminjaman uang di bank itu. Irwan kaget gimana saya bisa ditagih padahal tidak pernah kredit," kata kuasa hukum Irwansyah, Zakir Rasyidin, saat menggelar konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/1).

5. Ajukan Pinjaman ke Bank

Zakir menjelaskan, pemalsuan tanda tangan yang dilakukan oleh adik Irwansyah untuk meminjam uang ke bank senilai Rp 1 sampai 2 miliar. Tak hanya tanda tangan Irwansyah, sang adik juga memalsukan tanda tangan milik Zaskia Sungkar.

"Setelah kroscek saya menemukan banyak surat-surat. Yang mana dari surat tersebut diduga kuat saudara hafiz memalsukan tanda tangan Irwan dan Zaskia Sungkar untuk kepentingannya. Kepentingannya untuk melakukan peminjaman uang di salah satu bank swasta itu. Sebesar 1-2 Miliar," katanya.


REKOMENDASI
TRENDING