SELEBRITI

Posting Tentang Amal dan Kebaikan Eril, Ridwan Kamil: Seandainya Kami Bisa Bertukar Tempat

Senin, 06 Juni 2022 07:46

Ridwan Kamil ©twitter.com/teguh_korjakbdg

Kapanlagi.com - Meski sudah ikhlas melepaskan kepergian Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, Ridwan Kamil bersama istri dan keluarganya masih dalam suasana duka. Lewat akun media sosialnya, ia tak berhenti menuliskan surat yang menyentuh hati banyak orang.

Terutama dalam postingan Instagram terbarunya pada Minggu (5/6) kemarin. Mengawal postingannya dengan kata basmalah dan maaf, Gubernur Jawa Barat itu menceritakan seperti apa kebaikan almarhum Eril semasa hidupnya.

"Izinkan saya selaku ayahanda Eril, untuk memberi kesaksian atas kiprah dan semangat hidupnya selama ini. Saya tahu betul, Eril jika masih ada, pasti tidak terlalu senang jika amal atau kebaikannya diceritakan. Namun sesuai saran ulama, ini adalah kewajiban saya selaku ayah, dan ini adalah hak dari Eril yang sudah berpulang yang wajib ditunaikan," tulis Ridwan Kamil.

Ia pun menambahkan, "Inilah berjuta alasan juga, kenapa kami sudah sangat mengikhlaskan kepergiannya. Semoga berkenan dan semoga semua bisa memetik hikmahnya. Jazakallah. Hatur Nuhun."

1. Postingan Ridwan Kamil yang Menyentuh

Berjudul 'KAPAN KITA PULANG?', tulisan Ridwan Kamil berhasil mencuri perhatian lebih dari 16,5 juta followers-nya di Instagram. Awalnya ia menulis tentang hidup adalah perjalanan, dan kita harus mempersiapkan bekal sebelum sampai di tujuan.

"Hidup di dunia ini sesungguhnya adalah tentang perjalanan bukan tujuan. Dan seperti cerita setiap perjalanan, kisah selalu dimulai dari sebuah titik awal. Dan kisah akan selesai di sebuah titik akhir. Dan untuk setiap yang datang, pasti akan ada saatnya untuk kembali pulang.

Agar perjalanan selamat, maka petunjuk jalan dan bekalnya harus kita siapkan. Petunjuk jalan adalah keimanan. Bekal perjalanan adalah anfauhum linnas, yaitu tas berisi pahala amal-amal kebaikan kita," tulisnya.

2. Hatinya Hancur Berkeping-Keping

Masih dalam postingan yang sama, Ridwan Kamil juga menyebutkan bagaimana hatinya hancur berkeping-keping. Meski sudah ikhlas melepas kepergian putranya, ia tetap ingin bertukar tempat dan menggantikan Eril.

"Seandainya kami bisa bertukar tempat. Seandainya. Pastilah itu yang setiap orangtua akan lakukan. Namun logika manusia tidak sama dengan ketetapan takdir. Dan jika terdengar cucuran tangis ibunya setiap malam dan raungan tak bersuara ayahnya, itu semata karena hati kami hancur berkeping-keping," jelasnya.

Ia pun menambahkan, "Saat ini kami sedang menggapai tali keimanan dan keikhlasan, agar bisa memandu kami beradaptasi terhadap takdir ini."

3. Ungkap Kebaikan Eril dan Sebut Pahlawan

Lebih lanjut, ia juga menyebutkan apa saja kebaikan Eril semasa hidupnya. Mulai dari membelikan baju lebaran untuk anak-anak yatim, dan memberikan uang THR untuk para satpam. Ridwan Kamil juga menyebutkan kalau Eril tetap bekerja membantu kedua orang tuanya sambil kuliah.

Eril juga seorang putra yang rajin beribadah dan bersedekah, bahkan ia pernah rela hujan-hujanan untuk membagikan sedekah ke panti asuhan dan para duafa. Bahkan sebelum menghilang terseret arus sungai Aare, Eril sempat melarang ibunya masuk ke sungai dan memberikan pelampungnya untuk sang adik.

"Kamu sejatinya adalah pahlawan. Sungguh, kamu diam-diam ternyata sudah menyiapkan bekal untuk perjalanan pulang itu Ril, masya Allah," tulis Ridwan Kamil.

Di akhir postingannya, Ridwan menambahkan, "Sungai Aare akan terang benderang, karena jutaan doa-doa ini akan menjadi cahaya yang menerangi ketenangan tempatmu sekarang Ril. Sampai kita berjumpa lagi, saat kamu bukakan pintu gerbang itu."


REKOMENDASI
TRENDING