SELEBRITI

Puluhan Tahun Berkarya di Dunia Musik, Erwin Gutawa Terima Anugerah Kebudayaan 2020

Kamis, 10 Desember 2020 15:56 Penulis: Canda Dian Permana

Erwin Gutawa © Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Nggak asing lagi dengan Erwin Gutawa, sosok orang yang sudah puluhan tahun berkarya di dunia musik ini akhirnya menerima Anuegrah Kebudayaan 2020 ini. Ayah Gita Gutawa juga nggak kehabisan karya meski di masa pandemi, dirinya pun juga terus kreatif dan produktif dengan banyak konser virtual yang melibatkan musisi dan penyanyi.

Erwin Gutawa bersyukur banget dirinya menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia pada tahun 2020. Dari sebanyak 33 orang di DKI Jakarta 2 orang salah satunya Erwin Gutaw mendapatkan Anugerah kebudayaan dalam kategori Pencipta, Pelopor & Pembaru dalam keahliannya sebagai Komponi/Konduktor

“Alhamdulilah, Apa yang saya kerjakan selama ini di dunia musik mendapat apresiasi dari pemerintah. Semoga Indonesia maju di segala Bidang”, kata Erwin Gutawa yang bersyukur atas penganugerahan ini.

Pada tanggal 5 Desember 2020 hari Sabtu kemarin penyerahan penghargaan diserahkan oleh Bapak Judi Wahjudin (Direktur Pembinaan Tenaga & Lembaga Kebudayaan) dan ketua penilai Ibu Julianti S Parani bertempat di Aula Kemendikbud Jakarta.

1. Konsisten Lewat Orkestranya

Perlu diketahui, Erwin Gutawa juga konsisten yang terbukti lewat orkestranya selalu mengeksplorasi potensi-potensi musik Indonesia baik yang industri maupun tidak.

Beberapa lagu genre yang berbeda pun juga dibawakan oleh sang Konduktor seperti dengan pop, klasik, rock, bahkan bernuansa musik tradisi. Erwin Gutawa jugalah yang mempelopori Konser Penyanyi Tunggal Indonesia (Chrisye, KD, Rossa, Afgan dsb).

Selain itu, ia juga secara rutin membuat konser salute/tribute (Koesplus, Titiek puspa, Guruh soekarno Putra, 3 female composer) dengan maksud untuk mengapresiasi sosok pahlawan musik Indonesia.

Tak lupa proyek idealis Erwin Gutawa untuk membina anak-anak berbakat Indonesia ‘Diatas Rata-Rata’ yang dilakukannya dengan maksud membuat regenerasi sekaligus memperlihatkan kehebatan anak Indonesia baik di dalam maupun di luar negri.

2. Program Apresiasi

Anugerah Kebudayaan ini merupakan sebuah program apresiasi dari pemerintah melalui Kementriap Pendidikan dan Kebudayaan yang diberikan bagi tokoh yang terbukti berintegritasi tinggi melakukan upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia.

Program apresiasi ini sebagai salah satu cara menginternalisasikan nilai budaya, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia.


REKOMENDASI
TRENDING