SELEBRITI

Punya Puluhan Perusahaan dan Tiap Tahun Luncurkan Sampai 5, Raffi Ahmad Pernah Ditipu

Jum'at, 30 Oktober 2020 10:47 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Raffi Ahmad © instagram.com/raffinagita1717

Kapanlagi.com - Bicara tentang selebriti yang tengah bersinar, nama Raffi Ahmad bisa jadi masuk dalam jajarannya. Tak heran, pria asal Bandung - Jawa Barat ini memang sudah memulai karir di usia belia. Kini ia menikmati hasil kerja kerasnya.

Nggak melulu nongol di televisi, Raffi juga mengelola berbagai bisnis. Ia mengaku setiap tahun meluncurkan beberapa perusahaan. Hal itu ia ungkap sendiri dalam kanal Youtube 3SECOND TV pada Rabu (28/10) lalu.

1. Setiap Tahun

Meski tiap tahun ia meluncurkan perusahaan baru, rupanya tak semuanya berjalan dengan baik.

"Kalau perusahaan banyak tapi kan nggak semuanya jalan. Jadi misalnya tahun ini kita melahirkan perusahaan 2 atau 3. Setiap tahun lah, 1 sampai 5 lah," ujar ayah Rafathar ini.

2. Total Ada Puluhan

Lebih lanjut, Raffi menyebut perusahaannya total mencapai puluhan. Namun yang betul-betul menghasilkan tak sampai 10.

"Tapi yang jalan nggak semuanya. Kalau dikumpulin banyak ada puluhan tapi yang jalan setelah kita seleksi satu per satu paling nggak lebih dari 10, gitu," terang Raffi.

3. Ada yang Nggak Berhasil

Perusahaan itu tak melulu ia luncurkan sendiri, kadang ia bekerjasama dengan orang lain. Perusahaan yang tidak betul-betul ia pegang sendiri kebanyakan tak berjalan mulus.

"Sekarang udah mulai mempercayakan ke orang. Jadi hire beberapa profesional untuk pegang. Setiap bisnis yang bukan gue pegang, tengah-tengahnya mesti boncos apalagi bisnis yang cuma pakai nama gua gitu misalnya. Guenya nggak tahu apa-apa rata-rata mesti nggak berhasil," jelas Raffi.

4. Pernah Ditipu

Perjalanan karir dan bisnis Raffi memang penuh rintangan. Ia memulai semua dari 20 tahun lalu. Mulai dari dibayar rendah sampai ditipu semua sudah pernah ia alami.

"Orang kadang suka ngelihat si Raffi enak hidupnya sekarang. Padahal dia nggak tahu perjuangan gue 20 tahun yang lalu. Naik angkot, dibayar 500 ribu, ada pernah ketipu, tapi intinya sih saat kita gagal ataupun tertipu ya udah lah ikhlasin aja," pungkasnya.

 

 


REKOMENDASI
TRENDING