SELEBRITI

Rayakan Hari Kartini, Ini Solois Perempuan Indonesia yang Suarakan Emansipasi Lewat Lagu

Rabu, 21 April 2021 18:56 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Instagram.com/raisa6690,danillariyadi,isyanasarasvati

Kapanlagi.com - Tanggal 21 April menjadi hari yang istimewa bagi perempuan Indonesia. Hari Kartini yang diperingati setiap tahunnya menjadi momen untuk menyuarakan emansipasi serta kesetaraan gender bagi kaum perempuan.

Menyuarakan emansipasi dan mengejar kesetaraan gender bisa dilakukan dengan banyak cara lho. Seperti para solois wanita Indonesia ini yang memilih berkarya lewat musik untuk speak up mengajak semua perempuan untuk tetap semangat dalam mengejar mimpi dan mendukung kesetaraan gender. Siapa saja?

 

 

1. Maudy Ayunda - Kejar Mimpi

Maudy Ayunda adalah sosok Kartini modern yang sukses menyandingkan karir di dunia hiburan dengan pendidikan tinggi. Nggak heran jika banyak yang kagum dengan cewek 26 tahun ini.

Lewat karya musik yang diciptakan, Maudy Ayunda juga ngajak semua perempuan buat nggak menyerah meraih cita-cita lewat single bertajuk Kejar Mimpi. Single yang dirilis pada tahun 2017 ini menjadi sebuah social movement untuk mewujudkan mimpi seluruh generasi muda Indonesia termasuk kaum perempuan.

 

 

2. Raisa dan Isyana Sarasvati - Anganku Anganmu

Dengan diskografi yang banyak disukai penikmat musik, Raisa dan Isyana Sarasvati layak buat masuk jajaran legend in the making Indonesia. Saat mereka mengumumkan untuk berkolaborasi pun banyak yang menganggap jika single ini bakal memorable.

Terbukti benar, Anganku Anganmu yang dirilis pada 2017 menjadi single yang difavoritkan penikmat musik. Nggak cuma dari nama besar dari performer-nya, Anganku Anganmu menjadi lagu hits di tahun itu berkat pesan tentang menghargai setiap perbedaan yang tertuang dalam lagu berdurasi 4 menit 36 detik ini.

 

 

3. Yura Yunita - Merakit

Kartini nggak hanya untuk perempuan Indonesia yang punya privilege. Lewat single bertajuk Merakit, Yura Yunita memberikan pesan jika bermimpi, berusaha, dan berkarya juga berhak dilakukan oleh para penyandang disabilitas.

Single ini dilepas pada tahun 2019 sebagai bentuk dukungan kepada penyandang disabilitas untuk tetap menginspirasi dalam berkarya di tengah keterbatasan. Nggak cuma itu aja, single ini juga dirilis dalam bentuk music video mengharukan dengan mengajak penyandang disabilitas untuk ambil bagian di dalamnya

 

 

4. Agnez Mo - Flyin' High

Nama Agnez Mo nggak boleh dilewatkan dalam daftar ini. Sebagai salah satu representasi Indonesia di dunia musik internasional, Agnez Mo punya deretan single yang speak up tentang kesetaraan gender dan relevan dengan semangat Kartini.

Salah satunya adalah single Flyin' High yang terdapat di album self titled miliknya. Hentakan musik yang cepat dan vokal tegas dari Agnez semakin menguatkan pesan untuk para wanita agar terus terbang tinggi dan nggak nyerah akan keadaan meski sering dipandang sebelah mata.

 

 

5. Danilla - Junko Furuta

Solois yang namanya naik daun di belantika musik tanah air, yaitu Danilla sudah menyuarakan tentang hak-hak perempuan sejak dirilisnya album perdananya. Dalam album TELISIK yang dirilis pada 2014, terdapat single bertajuk Junko Furuta yang jadi wujud rasa prihatin Danilla atas maraknya kasus pemerkosaan.

Judul single Junko Furuta diambil dari nama seorang korban pemerkosaan dan penyiksaan dari Jepang. Lewat single ini, penyanyi yang akrab disapa Cici tersebut berpesan untuk meningkatkan kesadaran atas hak-hak yang dimiliki oleh kaum perempuan.

 

 

6. BCL & JFlow - Dance Tonight

Nggak diragukan lagi kalau BCL adalah salah satu penyanyi Indonesia yang mampu tampil memesona dan menghayati banget saat membawakan lagu cinta. Tapi dibalik aura menyejukkan yang dimilikinya, BCL juga mampu membawakan lagu yang sarat akan makna positif seperti Dance Tonight.

Dance Tonight dibawakan oleh BCL berkolaborasi dengan rapper JFlow. Dalam lagu ini, Bunga Citra Lestari seolah mengobarkan semangat untuk selalu semangat dengan lirik yang naikin mood dan instrumen bertempo cepat. Semangat yang ditampilkan dalam lagu ini juga relevan dengan nilai-nilai perjuangan Kartini untuk selalu aktif dalam berkarya.

Kartini di era sekarang nggak harus melakukan perjuangan di medan perang. Seperti musisi di atas, berkarya dengan sepenuh hati dan menginspirasi banyak orang adalah salah satu nilai dasar dari Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Selamat Hari Kartini KLovers!

 

 

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING