Roy Marten: Banjir Ini Akibat Kita Jahat Pada Alam

Minggu, 19 Januari 2014 13:51 Penulis: Rizal Bagus Ramadhan
Roy Marten: Banjir Ini Akibat Kita Jahat Pada Alam ©KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Bencana banjir yang kembali melanda menurut Roy Marten karena kejahatan manusia terhadap alam. Tidak hanya pada alam Jakarta melainkan juga daerah penyangga. Apalagi kejahatan pada alam ini telah berlangsung cukup lama.

“Bencana ketika kita berbuat jahat pada alam. Alam akan marah. Hari ini sudah banjir tapi kesalahan puluhan tahun. Kita jahati alam. Kita rusak alam. Banjir di Jakarta, ada faktor Bogor, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya,” kata Roy di Studi Inter, Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (18/1).

Selain itu kontur tanah Ibukota tersebut juga berada di bawah permukaan lain. Sehingga air dengan mudah cepat tergenang. Bahkan kejadian ini telah terjadi sejak zaman Belanda menurut Roy Marten.

Roy Marten. ©KapanLagi.comRoy Marten. ©KapanLagi.com

“Kontur tanah di Jakarta, di bawah permukaan laut sejak zaman Belanda,” sambungnya.

Karena itu dibutuhkan penanganan yang baik dari kepala daerah terhadap banjir di Jakarta. Roy melihat penanganan dari pemerintah yang ada saat ini cukup baik dan apabila masyarakat kembali berperilaku baik pada alam maka kerusakan yang ada dapat diperbaiki.

“Penanganan Jokowi sudah sangat baik. Tapi Jokowi bukan Tuhan, butuh 4-10 tahun untuk mengatasi kerusakan. Dia sudah keduk tanah-tanah, tapi perilaku manusia tidak berubah,” imbuhnya.

(kpl/dis/zal)


REKOMENDASI
TRENDING