SELEBRITI

Sah! Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo Resmi Menikah dengan Mas Kawin Emas 199 Gram

Minggu, 20 Maret 2022 10:10 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo Resmi Menikah (Credit: instagram.com/bubahalfian)

Kapanlagi.com - Kabar bahagia kembali menyelimuti dunia hiburan. Betapa tidak, akhirnya Putri Tanjung resmi menikah dengan Guinandra Jatikusumo pada Minggu (20/3). Akad nikah berlangsung di kediaman Chairil Tanjung, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dibuka dengan lantunan ayat suci Al Quran, acara akad berlangsung khusyuk dan khidmat. Guinandra sendiri lancar mengucapkan ijab kabul. Menurut Wolipop, ia meminang Putri Tanjung dengan mas kawin fantastis yakni emas sebesar 199 gram dan seperangkat alat salat.

Masih dilansir dari sumber yang sama, sosok yang bertindak sebagai penghulu tak lain Kepala KUA Menteng H. Thowilan. Presiden Jokowi didapuk menjadi saksi pernikahan dari pihak putri sementara presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir sebagai saksi dari pihak Guinandra.

1. Wakil Presiden Juga Hadir

Prosesi ditutup dengan pemberian nasihat dan doa dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sosok lain yang turut hadir di pernikahan Putri Tanjung adalah mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla dan Boediono.

Menurut Wolipop, di sana tampak pula beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

2. Kental Nuansa Jawa

Acara tersebut tak lepas dari nuansa Jawa yang kental. Untuk itu, setelah akad, rangkaian upacara adat Panggih menyusul. Upacara tersebut terdiri dari melempar sirih, menginjak telur, mencuci kaki mempelai pria, suap-suapan hingga bubak kawah.

3. Penuh Makna

"Secara garis besar acara panggih adalah lempar sirih, kemudian injak telur, setelah itu nanti ada cuci kaki, setelah itu sinduran yang dilakukan oleh bapak dan ibu mengiringi putra putri," jelas Mamie Hardo pemangku adat upacara pernikahan beberapa hari jelang acara pada Wolipop.

"Ada pangkos, timbangan, bobot timbang, dua-duanya sama beratnya, yang bermakna tidak ada pilih-pilih kasih sayangnya," tutup Mamie.


REKOMENDASI
TRENDING