Sebagai Ibu Muda, Begini Cara Astrid Tiar Mendidik Anak

Senin, 15 Mei 2017 17:35 Penulis: Girindra Permana Cahya
Sebagai Ibu Muda, Begini Cara Astrid Tiar Mendidik Anak Astrid Tiar © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Menjadi seorang ibu merupakan anugerah terindah bagi Astrid Tiar. Dari pernikahannya dengan Gerhard Situmorang ia telah dikarunai dua buah hati. Lantas bagaimana sih cara ibu muda ini mendidik anak-anaknya?

Manja tentu menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh anak. Hal tersebut dipahami benar oleh wanita berusia 30 tahun ini. Sebagai ibu, Astrid tak melarang anak-anaknya untuk manja, namun ia memberikan perhatian tersebut sesuai porsinya.

"Pada tempatnya (memanjakan anak), kayak tadi dia berprestasi melewati tantangan di acara ini, masa hadiahnya dikasih susu lagi? Terus aku bilang nanti aku beliin sesuatu, di situ aku manjain dia karena dia layak mendapatkan itu," tutur Astrid saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (14/5).

Astrid Tiar tanamkan tanggung jawab pada anak sedari dini © KapanLagi.com/Agus ApriyantoAstrid Tiar tanamkan tanggung jawab pada anak sedari dini © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Mood yang belum stabil juga perilaku normal seorang anak. Astrid sendiri punya trik yang sederhana mengatasi hal tersebut. Yap, cuma ngobrol! Namun dalam prakteknya hal ini membutuhkan ketelatenan tentunya.

"Aku ajak ngobrol. Jadi ada saat aku membebaskan dia. Tapi ada saat aku bicara kepada dia soal tanggung jawab. Kayak contoh dia kursus tiba-tiba malas aku bilang kalau nggak ikut nanti kamu ketinggalan dan teman kamu pasti beda," paparnya.

Tanggung jawab yang ditanamkan Astrid juga dapat dipraktekkan-nya ketika bicara mengenai hobi sang anak. Ia benar-benar membebaskan pilihan pada anak-anaknya memilih hobi yang mereka suka. Namun semua dengan satu syarat yakni 'harus tanggung jawab'.

"Iya dong. Aku tidak mau jadi orangtua yang otoriter, kayak balet dia kebetulan suka. Jadi ketika ada saat dia lelah, tinggal aku bilang kan dia sendiri yg pilih, jadi ketika dia memilih disitu juga sudah aku tanamkan sebuah tanggung jawab," terang wanita yang memiliki darah Batak tersebut.

(kpl/pur/otx)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING