SELEBRITI

Sepak Terjang Mario 'Markoneng', Dari Manajer Mendiang Jupe Hingga Sophia Latjuba

Jum'at, 02 November 2018 13:43 Penulis: Sora Soraya

Mario - Sophia Latjuba - Eva Celia © instagram.com/markonengjtown

Kapanlagi.com - Jalan takdir setiap orang pasti berbeda dan pasti punya cerita di baliknya. Siapa sangka, seorang asisten artis bisa menjadi manajer banyak artis kelas papan atas. Yup, dialah Mario atau yang lebih akrab disapa dengan nama Markoneng.

Mario menyebut manajemen artisnya sebagai Markoneng Family. Di dalamnya terdapat nama-nama artis seperti Ussy Sulistiawaty, Miller Khan, Ririn Ekawati, Richard Kyle, hingga Sophia Latjuba. Sebelumnya, Mario cukup lama menjadi manajer mendiang Julia Perez (Jupe).

"Alhamdulillah sih. Sebenernya ini artis-artis lama. Yang baru cuma Sophie (Sophia Latjuba) sama Richard. Miller udah 3 tahun. Sophie udah mau tahun kedua. Richard yang baru," ucapnya pada sesi photoshoot di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/11).

"Memang nggak mau banyak. Segini aja udah pusing. Ada pesen juga dari almarhum (Jupe), nggak usah banyak-banyak," sambungnya.

1. Feeling & Chemistry Itu Penting

Mario tentu tidak asal pilih ketika menentukan artis-artis mana saja yang akan ditangani olehnya. Kendati demikian, dirinya tidak mempunyai kriteria tertentu untuk memilih artis yang menginginkannya menjadi seorang manajer.

"Feeling sih, sama chemistry. Kalau ada feeling oke, kalau nggak ya nggak. Nggak harus ada nama. Gimana caranya bentuk dia, dengan nama yang sama tapi tetap stabil," jelasnya saat ditemui di tempat yang sama.

2. Soal Sophia Latjuba

Pertimbangan seorang manajer artis bukanlah perkara mudah. Apalagi ketika menerima tawaran dari artisnya langsung. Tawaran itu pula yang sebelumnya datang dari Sophia Latjuba, yang menurutnya merupakan artis papan atas.

"Ketika Sophie minta, gue baru ngasih jawaban 2 minggu setelahnya. Bukan apa-apa ya, dia itu artis besar, sementara gue masih kecil, gue nggak nyangka aja," ucap Mario.

Ia pun melanjutkan, "Gue mikir, gue bisa nggak ya. Beban dong, dengan image-nya dia seperti itu, branding-nya seperti itu, gue harus ngasih dia kepercayaan. Jupe sama Sophie beda. Istilahnya Jupe aja ngefans sama Sophie. Saat ada Sophie, Jupe pengin banget foto sama dia."

3. Bukan Cuma Soal Keuntungan

Mario sendiri mengawali karier sejak tahun 1999 silam. Dengan berbagai pengalaman menjadi asisten artis seperti Adjie Pangestu, Elma Theana, dan Rency Milano, ia tetap menekuni pekerjaan di bidang ini. Bagi Mario, menjadi manajer artis bukan sekadar mencari keuntungan, melainkan mencari cara agar karier sang artis dapat terus stabil.

"Bukan cuma soal kerjaan ngambil untung berapa persen. Tapi gimana caranya kerjaan mereka bisa stabil. Ngetop itu bonus, tapi gimana kariernya bisa stabil, itu yang lebih penting," pungkasnya.

(kpl/apt/sry)


REKOMENDASI
TRENDING