Sudah Nggak Dianggap Tabu, Profesi Identik Cewek Ini Ternyata Juga Dilakukan Pria

Rabu, 18 April 2018 10:01 Penulis: Ferry Sanjaya
Sudah Nggak Dianggap Tabu, Profesi Identik Cewek Ini Ternyata Juga Dilakukan Pria Chef Juna © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Masyarakat Indonesia zaman dulu menganggap jika wanita mengerjakan pekerjaan pria adalah sesuatu hal yang tabu. Sejak zaman Indonesia merdeka, pria juga menganggap bahwa kerjaan utama wanita ada 3, dapur, sumur, kasur.

But hey, It's 2018 already. Ada banyak hal yang berubah, salah satunya adalah wanita  sekarang sudah mulai diberikan ruang untuk memilih beberapa profesi, bahkan yang identik dengan kaum adam sekalipun.

Namun kali ini kami tak membicarakan tentang profesi-profesi pria yang 'disikat'  oleh para wanita, melainkan sebaliknya. Kami membicarakan profesi-profesi identik  dengan wanita yang ternyata digeluti oleh para pria.

Seperti apa sih profesi tersebut? Mari kita mulai dengan yang common dulu, wanita  diidentikkan dengan masak. Zaman tahun 90-an siapa sih chef cowok yang kamu kenal? mentok juga Rudy Choirudin karena dia emang sering muncul di TV dengan program Selera Nusantara-nya.

Chef Juna, Chef Tampan Idaman Para Wanita © Kapanlagi/Muhammad Akrom SukaryaChef Juna, Chef Tampan Idaman Para Wanita © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Zaman now? Banyak banget cowok yang udah jadi chef atau minimal bisa masak enak, sehingga anggapan kalau yang jago masak cuma cewek aja perlahan-lahan udah pudar. Chef Juna misalnya, dia bahkan sudah pernah menjadi juri Master Chef Indonesia loh. Atau Edwin Lau dengan program memasak Healthy Life, atau Bara Pattiradjawane yang dikenal dengan program TV Bara Supercook-nya. 

Lalu kita berbicara tentang desainer. Siapa sih desainer terkenal tanah air? Anne  Avantie? Dian Pelangi? Poppy Dharsono? Tahun 90-an desainer identik dengan profesi perempuan karena dianggap less macho saat itu, sehingga tak banyak lelaki yang menekuni profesi ini, walaupun saat era tersebut ada pula desainer lelaki seperti Itang Yunasz.

Sekarang ini desainer tak melulu didominasi perempuan kok. Ada Ivan Gunawan atau Tex Saverio yang karyanya bahkan udah dipakai sama Lady Gaga loh. Bahkan gaun rancangan Ivan juga berhasil memenangkan Best Dress dalam Miss International 2017.

Ivan Gunawan, Karyanya Banyak Dipakai Selebriti © Kapanlagi/Bayu HerdiantoIvan Gunawan, Karyanya Banyak Dipakai Selebriti © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Bahkan urusan make up pun nggak didominasi cewek aja loh. Coba aja kepo-kepo Instagramnya Bubah Alfian, Ryan Ogilvy atau Bennu Suromba, bahkan hasil make up mereka bisa membuat cewek-cewek iri dan ingin belajar kepada mereka. Bubah Alfian sudah sangat dikenal oleh seleb Indonesia, bahkan seleb luar seperti Bebe Rexha pernah dirias olehnya. Ryan Ogilvy sendiri berpartisipasi di New York Fashion Week, serta Bennu Sorumba yang hasil karyanya sudah dikenal oleh artis-artis tanah air, bahkan oleh anak presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Jadi, kalau berbicara tentang kesetaraan profesi, cewek nggak hanya mulai menguasai pekerjaan pria nih, namun juga sebaliknya. Jadi udah nggak usah ngurusin pendapat orang lain tentang pekerjaan ya, yang penting kamu bisa mendapatkan nafkah halal untuk menghidupi dirimu dan keluargamu.

(kpl/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya


REKOMENDASI
TRENDING