Tahukah Kamu, Ini Alasan Piala MTV VMA Astronot Mendarat di Bulan

Senin, 29 Agustus 2016 10:05 Penulis: Ahmat Effendi
Tahukah Kamu, Ini Alasan Piala MTV VMA Astronot Mendarat di Bulan MTV VMA ©mtv.com

Kapanlagi.com - Banyak gelaran akbar di dunia menghadirkan piala yang ikonik, mulai dari Academy Awards dengan patung Oscar atau juga Emmy yang menghadirkan patung wanita bersayap. Sementara itu MTV VMA juga punya patung yang jadi ciri khas yaitu astronot mendarat di bulan.

Sejak tahun 1984 ketika ajang MTV VMA untuk pertama kalinya digelar, patung astronot mendarat di bulan telah menjadi simbol keberhasilan para musisi dunia. Lantas dari mana sih sebenarnya ide patung tersebut berasal? Untuk mencari tahu kita harus melihat apa yang terjadi pada tahun 1981.

Pada tanggal 1 Agustus 1981, MTV untuk pertama kalinya diluncurkan dan tayang di Amerika. Peluncuran channel TV itu ditandai dengan video yang memperlihatkan Apollo 11 meluncur ke luar angkasa, dilanjutkan dengan satu astronot yang menanamkan bendera berlogo MTV di permukaan bulan.

Video legendaris itu dibuat oleh Manhattan Design yang berisi Pat Gorman, Frank Olinsky, dan Patti Rogoff. Grup tersebut merupakan desainer dari logo MTV, dan kemudian membuat animasi top of the hour yang begitu terkenal.

Pat Gorman, salah satu anggota tim desainer yang menyumbangkan ide untuk bentuk trofi MTV VMA. ©mtv.comPat Gorman, salah satu anggota tim desainer yang menyumbangkan ide untuk bentuk trofi MTV VMA. ©mtv.com

"Kami menyukai ide orang mendarat di bulan dan lantas mengklaim bulan untuk musik. Musik selalu menghadirkan hal baru, suatu yang populer dan besar. Konsep MTV adalah menghadirkan hal-hal baru tersebut. Astronot yang mendarat di bulan menandakan: apa yang terjadi, bakal menjadi musik itu sendiri," ungkap Pat Gorman.

Klip astronot mendarat di bulan ternyata dibuat dari footage yang didapat dari NASA. Selama lima tahun berturut-turut, video tersebut diputar dalam prime time MTV. "Saat itu semua orang sampai bosan melihatnya," ujar Gorman sembari tertawa.

Namun di sisi lain, video tersebut begitu identik dengan MTV. Hal ini menjadi dasar penting bagi network tersebut untuk menanamkan image dalam satu ajang penghargaan bergengsi tiga tahun kemudian.

Gorman dan timnya kembali diminta untuk mendesain hal yang akhirnya jadi sejarah untuk MTV yaitu trofi VMA. Mereka mengumpulkan tiga ide yaitu trofi berbentuk sneaker, trofi berbentuk popcorn dan astronot mendarat di bulan. Konsep yang terakhir akhirnya dipilih karena sesuai dengan image MTV dan disetujui oleh jajaran penting di stasiun TV tersebut.

(kpl/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING