SELEBRITI

Tasya Kamila Bersyukur Sang Anak Lebih Suka Membaca Buku Dibandingkan Main Gadget

Sabtu, 23 Juli 2022 11:11

Anak Tasya Kamila suka baca buku © KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

Kapanlagi.com - Sebagai seorang ibu, Tasya Kamila mengungkapkan sudah menanamkan budaya membaca untuk anaknya Arrasya Wardhana Bachtiar saat masih di dalam kandungan. Saat mengandung Arrasya, Tasya Kamila sering membacakan buku cerita karena itu adalah salah satu cara bonding antara ibu dan anak.

"Dari dalam kandungan sudah diajak komunikasi sampai Arrasya lahir. Menurut aku membaca buku adalah salah satu cara untuk bonding ke anak," ujar Tasya Kamila saat ditemui dalam acara Inspirasi Literasi McD di Taman Kajoe, Jakarta Selatan, Jumat (22/7).

1. Rutinitas Membaca Buku

Tasya Kamila pun mulai memperkenalkan aktivitas membaca buku kepada Arrasya di usia dua bulan. Kini membaca buku sudah menjadi rutinitas mereka sebelum tidur.

"Umur dua bulan kegiatan membaca buku sudah menjadi rutinitas terutama sebelum tidur biar dia anteng, nyaman, kita biasanya baca buku bareng-bareng. Tapi anytime setiap dia lihat buku pasti suka dan aku selalu memberikan buku yang sesuai usianya," kata mantan penyanyi cilik itu.

2. Waktu yang Tepat Membaca Buku

Biasanya Tasya Kamila hanya butuh waktu 10 hingga 15 menit ketika membaca buku cerita bersama sang buah hati. Tidak hanya sekedar membaca buku, setelah itu mereka juga sering mengulas lagi tentang apa yang sudah dibaca.

"Hampir setiap hari sebelum tidur baca buku bareng-bareng 10 sampai 15 menit aja sih. Karena biasanya setelah itu sudah mulai nggak fokus. Tapi lebih seru karena setelah baca buku kita ulas lagi apa yang kita baca, setelah melihat gambar-gambarnya related nggak sih dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

3. Tak Suka Bermain Gadget

Istri Randi Bachtiar itu pun bersyukur karena kini Arrasya yang sudah berusia tiga tahun jadi lebih suka membaca buku dibandingkan bermain gadget. Karena Tasya Kamila juga baru memberikan gadget kepada sang anak saat usia dua tahun.

"Nggak bisa dipungkiri anak zaman sekarang pasti bakal terpapar gadget apalagi orang tuanya juga bermain gadget. Sebenarnya di atas dua tahun boleh aja walaupun tetap ada batasannya, biasanya aku memberikan (waktu) satu jam dalam sehari dan bisa dibagi beberapa sesi," ungkapnya.

"Cuma karena dia nggak terbiasa juga main gadget jadi biasa aja, paling kalau lagi bosen dan nggak ada buku ya nggak apa-apa dikasih tontonan. Cuma dia sendiri memang bukan tipe yang kecanduan gadget, lebih suka dengan kegiatan yang dikemas menarik. Dia lebih suka baca dibandingkan gadget yang baru kita kasih di umur dua tahun," pungkas Tasya Kamila.

REKOMENDASI
TRENDING