Tembang Gesang Pilih 15 Mutiara Bangsa

Kamis, 11 November 2010 18:25 Penulis: Noviana Indah TW
Tembang Gesang Pilih 15 Mutiara Bangsa Alm Gesang
Kapanlagi.com - Meski sudah tiada, kharisma musisi Gesang memang tak bisa dilupakan. Oleh sebab itulah Gerakan Tembang Gesang memilih 15 anak negeri yang telah berbuat kebaikan bagi negeri. Lima belas orang yang terpilih itu dinamakan Mutiara Bangsa yang beraktivitas dalam berbagai macam kegiatan sosial.

Paul Bernadhi, salah satu penggagas gerakan Tembang Gesang, menyebutkan ke-15 Mutiara Bangsa terpilih itu berasal dari pilihan publik secara langsung.

''Lima belas orang ini adalah mereka yang telah mengabdikan hidup mereka untuk kebaikan orang lain. Mereka bekerja tanpa pamrih untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,'' katanya di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (10/11) malam.

Dari 15 Mutiara Bangsa terpilih itu ada Prof Suwardi yang berasal dari Riau. Pria yang didaulat sebagai Penjaga Sejarah Melayu ini dinilai telah berperan aktif di dalam melestarikan kebudayaan Riau.

''Beliau adalah seorang sejarawan dan budayawan Riau yang telah membuktikan dirinya dengan menerbitkan buku sejarah dan budaya masyarakat Riau,'' kata Paul.

Selain itu ada juga I Wayan Sumerta Dana Arta. Mutiara Bangsa dari Lampung ini, kata Paul, telah berperan besar dalam melestarikan alat musik cetik.

''Cetik atau gamolan pekhing merupakan alat musik tradisional dari Skala Brak, Lampung Barat. Apa yang sudah dilakukannya sangat berarti bagi generasi muda untuk bisa mempelajarinya,'' katanya.

Tembang Gesang merupakan seruan untuk mengajak kepada kebaikan. Gerakan ini lahir sebagai wujud apresiasi untuk mengenang mendiang maestro keroncong Indonesia, Gesang

(kpl/adt/npy)


REKOMENDASI
TRENDING