Tidak Diberi Royalti, Kangen Band Alami Tindak Penggelapan Oleh Label?

Jum'at, 22 September 2017 17:15 Penulis: Ahmat Effendi
Tidak Diberi Royalti, Kangen Band Alami Tindak Penggelapan Oleh Label? Kangen Band ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Grup musik Kangen Band kembali menyita perhatian publik tanah air, kali ini karena permasalahan dengan label. Sejak beberapa waktu lalu, Kangen Band yang sempat bubar telah bergabung kembali. Namun mereka dikabarkan mengalami tindak penggelapan oleh label yang menaungi.

"Kalau saya kebetulan di luar banyak simpang siur bubar apa nggak, memang dulu kita bubar, tetapi sudah setahun dua bulan kita sudah balik lagi. Ada temen-temen yang hubungin saya untuk kembali ke Kangen Band, kami belum woro-woro beritahu orang di luar sana," ujar Andhika Kangen Band di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/9).

Kangen Band bernaung di bawah label TA Pro, dan mereka melakukan rekaman. Lagu yang mereka hasilkan kemudian beredar secara luas, namun tidak ada royalti yang didapatkan para personelnya.

Kangen Band bermasalah dengan pihak label. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaKangen Band bermasalah dengan pihak label. ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Kita bikin single sebagai surprise, alhamdulillah antusias temen-temen doi, tanggapan itu ditanggepin serius. Tiba-tiba disuruh Tama untuk take lagu, lalu menjadi lima lagu untuk dikemas sebagai mini album. Tiba-tiba saya tanya ke leader saya (Tama), semua personel juga tanya‎. Kok lagunya sudah di mana-mana ya? Royalti gimana? Saya sudah nggak kerja, nggak ada pemasukan. Biasanya kalau nyanyi ada royalti dari label, saya tanya di label ini gimana sistemnya? Ternyata anak-anak juga nggak ada yang tahu," tuturnya.

Ternyata TA Pro membuat perjanjian dengan Tama, namun perjanjian tersebut dikabarkan tidak jelas. Selain itu mereka sempat mendapatkan fasilitas rumah, dan ternyata rumah tersebut adalah kontrakan dan kemudian biaya dibebankan kepada Kangen Band.

Grup yang sempat populer sejak tahun 2007 tersebut pun merasa sangat dirugikan. Terlebih Andhika Kangen Band yang saat ini memiliki banyak anak dan butuh untuk menghidupi keluarga. Karena itu mereka memilih untuk meminta bantuan pengacara ternama untuk menangani kasus dugaan penggelapan oleh label ini.

"Anak saya banyak, kalau saya nggak kerja, anak-anak nggak makan, jadi wajar saya tuntut itu. Saya nyanyi sendiri aja dibayar, apalagi dalam grup Kangen Band. Saya pertanyakan itu ke leader saya, akhirnya kami sepakat‎ serahkan kepada Bang Razman. Setelah konsul, masalahnya kita sepakat untuk serahkan aja," tandasnya.

(kpl/aal/sjw)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING