SELEBRITI

Tina Toon Ingin Selamatkan Generasi Muda Dari Berita-Berita Hoax

Rabu, 24 Oktober 2018 08:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Tina Toon terjun ke dunia politik / Credit: KapanLagi - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Artis terjun ke dunia politik sudah bukan lagi hal baru di Tanah Air. Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah Tina Toon, di mana penyanyi cantik ini usianya masih sangat muda, yakni 25 tahun. Ia maju sebagai caleg dari PDI Perjuangan untuk kursi DPRD DKI Jakarta.

Demi mendapatkan suara atau dukungan dari publik, biasanya seorang artis akan mengumbar janji-janji manis. Namun tak jarang pula janji-janji tersebut terabaikan ketika mereka sudah terpilih. Tina punya tanggapan sendiri mengenai hal itu.

"Itu (janji tak ditepati) tergantung dari individu masing-masing. Makanya ada yang Caleg tapi malah ngartis lagi, nggak pernah dateng rapat, nanti tinggal penilaiannya lima tahun sekali, tinggal mau dipilih lagi atau nggak. Jadi kalau kita ngejalanin yang penting niatnya dulu. Balik lagi kalau aku nyaleg, panggilan hati, apalagi kalau aku banyak niatan untuk melakukan sesuatu deh," ujar Tina ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/10).

1. Tina Toon Optimis

Tina mengaku optimis bisa mendapatkan suara dan dukungan yang cukup untuk bisa terpilih sebagai anggota Legislatif. Namun jika seandainya tak terpilih, Ia juga tak terlalu khawatir, mengingat usianya masih muda dan banyak sekali hal yang bisa dilakukannya di luar dunia politik.

"Kalau yakin harus yakin, optimis ya optimis, kalau kemungkinan jadi atau tidak, harus jadi. Makanya penting berangkat dari niat tulus aja. Aku masih muda, banyak kegiatan yang bisa aku jalanin, tapi kalau memang aku dikasih kesempatan untuk mengabdi di sini, ya aku akan jalani tanggung jawab baru itu. Tapi mau artis atau apa, sebelumnya jangan melenceng deh dari niat awal. Tapi ketika jadi harus dipikirkan juga, karena konstituen sudah milih kita, jadi harus bertanggung jawab juga soal itu," sambung Tina.

2. Selamatkan Generasi Muda Dari Hoax

Seperti diketahui, saat ini publik seakan-akan terbagi jadi dua kubu cuma karena alasan politik. Hal itu yang jadi salah satu concern utama Tina untuk dibenahi jika dirinya terpilih jadi anggota legislatif nantinya: Menyelamatkan generasi muda dari isu-isu hoax.

"Banyak faktor (pemecah). Ada yang mementingkan golongan, ada juga mementingkan diri sendiri, mungkin seperti itu. Jadi balik lagi, jangan sampai anak-anak muda itu diprovokasi, apalagi sekarang zamannya ada sosial media, ada hoax segala. Ya kalaupun udah terjadi ya harus disemangati kembali untuk balik lagi bersatu jangan sampai ada isu SARA, isu hoax yang malah memecah belah. Karena balik lagi kalo udah terpecah belah, ini kita Indonesia nih kita satu, kalo terpecah belah bisa dimanfaatkan oleh asing gitu nanti," jelas Tina panjang lebar.

Tak lupa, pelantun Bolo Bolo ini juga membeberkan tips agar kita tak mudah terjebak pada berita-berita hoax yang bersifat negatif. "Kalau menangkal berita hoax, itu sebetulnya kan di-create oknum untuk memecah belah untuk kepentingan yang lain. Jadi satu, pribadinya jangan terpengaruh, kedua jangan nyebar-nyebarin, ketiga kalau ada yang terpengaruh dan menyebarkan, kita harus bisa memengaruhi agar dia balik lagi, yuk jangan terpengaruh. Tapi ya dengan kita mencari fakta-fakta bahwa ini nggak seperti ini. Kalaupun kita harus mengkonfirmasi, harus jelas dengan data dengan fakta dengan apa yang kita harus pertanggungjawabkan, bukan kita dengar. Opini sama fakta kan beda. Kalau opini siapa aja bisa, tapi kalau fakta-faktanya seperti ini kita sebarkan dalam artian bukan sebarkan secara keinginan kita, tapi demi kepentingan untuk kebenaran," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING