Tips Bisnis Oleh-Oleh Kekinian Dari Sang Pionir Teuku Wisnu

Selasa, 15 Agustus 2017 07:45 Penulis: Guntur Merdekawan
Tips Bisnis Oleh-Oleh Kekinian Dari Sang Pionir Teuku Wisnu Teuku Wisnu © Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Sederet artis Tanah Air saat ini tengah berlomba-lomba untuk mendirikan bisnis oleh-oleh kekinian di tiap kota yang berbeda. Dari banyaknya nama, bisa dibilang jika Teuku Wisnu dengan Malang Strudel-nya adalah salah satu pioneernya. Awalnya, suami dari Shireen Sungkar itu memulai bisnisnya dengan membuka outlet kecil, tepatnya pada tanggal 24 Desember tahun 2014 silam.

Dari situ, usahanya berkembang pesat dan hingga kini menjelma jadi besar. Bahkan total ada sekitar 5 cabang outlet lain yang telah dibukanya. Wisnu pun menceritakan bagaimana awalnya Ia bisa memulai bisnis Malang Strudel.

"Iya, seperti saya ceritakan sebelumnya, ide membuka bisnis oleh-oleh kekinian ini, yang saya beri nama Malang Strudel, saya dapatkan ketika sedang berlibur ke Eropa bersama istri (Shireen). Strudel sendiri merupakan kue khas Austria yang kita jadikan oleh-oleh kekinian Malang, tentu dengan menyesuaikan cita rasa yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia," cerita Wisnu tentang awal dirinya merintis bisnis tersebut.

Wisnu jelaskan asal-usul terciptanya Malang Strudel © Dokumentasi PribadiWisnu jelaskan asal-usul terciptanya Malang Strudel © Dokumentasi Pribadi

Dari situ, Wisnu dan beberapa rekannya berinisiatif untuk memanfaatkan buah-buahan asli Malang dan menjadikannya dalam bentuk kue. Wisnu menyediakan bermacam-macam varian seperti Malang Strudel Apel, strawberry, banana, mixfruit dan masih banyak lainnya.

Selain untuk masalah komersil, pemeran Farel di sinetron Cinta Fitri ini juga membantu menambah lapangan pekerjaan bagi warga Malang. Ia juga percaya bahwa Malang merupakan kota yang sangat berpotensi dengan jumlah wisatawan yang tinggi.

"Bisnis ini juga tentunya sangat berpengaruh dan memiliki impact social yang positif, sesuai dengan yang saya dan teman-teman harapkan di awal, seperti menambah lapangan pekerjaan warga Malang di sekitar lokasi produksi, di mana dulunya banyak ibu-ibu rumah tangga yang pengangguran sekarang bisa join di Malang Strudel untuk menjadi pelipat kotak ataupun pengupas buah," jelas Wisnu.

Wisnu Bantu sediakan lapangan pekerjaan untuk warga Malang © Dokumentasi PribadiWisnu Bantu sediakan lapangan pekerjaan untuk warga Malang © Dokumentasi Pribadi

Tak berhenti berinovasi, Malang Strudel juga sering kali membuat video pariwisata Malang, yang mana hal itu mendapat apresiasi dari Pemda karena ikut membantu mengenalkan Malang kepada wisatawan luar. Baru-baru ini Malang Strudel dan Wisnu juga merangkul anak muda Malang dengan membuat sitkom Malang Melintang yang tayang tiap hari Selasa di Youtube channel Malang Strudel.

"Yang terpenting dalam berbisnis ini adalah ketekunan, bisa mengambil peluang dan bisa berguna untuk masyarakat sekitar. Itu saja pesan dan tips dari saya. Slogan kami, Malang Strudel maju terus bersama Malang Raya," pungkas Wisnu.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING