Torehkan Prestasi, Ivan Gunawan Rancang Motif Batik untuk Negara Lain

Kamis, 28 September 2017 11:15 Penulis: Natanael Sepaya
Torehkan Prestasi, Ivan Gunawan Rancang Motif Batik untuk Negara Lain Ivan Gunawan © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Harus diakui kalau kualitas Ivan Gunawan sebagai seorang designer memang bisa diragukan lagi. Juga tak berlebihan rasanya jika menyebut Ivan Gunawan sebagai salah satu designer terbaik yang ada di Indonesia, mengingat inovasi yang kerap ia munculkan melalui berbagai karyanya.

Terbukti rancangan Ivan Gunawan, atau yang lebih akrab disapa Igun pun dipakai oleh sejumlah artis ternama Indonesia sampai hari ini. Namun tak hanya itu saja, kemasyhuran nama Igun di Indonesia sebagai designer ternyata membuatnya dilirik oleh negara tetangga.

Talenta Ivan Gunawan dalam dunia fashion design kini dilirik oleh negara lain © KapanLagi.com/Budy SantosoTalenta Ivan Gunawan dalam dunia fashion design kini dilirik oleh negara lain © KapanLagi.com/Budy Santoso

Ya, Igun diminta untuk merancang sebuah motif batik oleh salah satu perusahaan besar Taiwan, yakni Taiwan Excellence. Senang, gembira, dan rasa bangga kini tengah dirasakan oleh Igun karena ia menjadi designer pertama Indonesia yang merancang batik untuk negara lain.

"Senang sekali mendapat kepercayaan yang datang dari luar negeri. Batik rancangan aku itu bernama East Goddess Batik," kata Igun di Ocha Bella, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Ivan Gunawan tetap menyelipkan nuansa Indonesia di setiap karya yang ia buat © KapanLagi.com/Budy SantosoIvan Gunawan tetap menyelipkan nuansa Indonesia di setiap karya yang ia buat © KapanLagi.com/Budy Santoso

Igun menjabarkan, East Goddess Batik itu campuran unsur daerah Cirebon dan Megamendung dengan budaya Taiwan. Motif Goddess Batik, kata Igun, mewakili kemakmuran, kebahagiaan dan harapan. Motif ini pun menjadi salah satu yang dikenakan oleh para bangsawan. "Motif ini biasanya dipakai oleh bangsawan," jelasnya singkat.

Kerja sama ini jelas membuka peluang Igun untuk memperkenalkan rancangannya pada negara tetangga. Kini, Igun bekerja sama dengan pemerintah Taiwan sedang melakukan riset untuk membidik pangsa pasar Taiwan."Kalau lancar mau buka toko di sana (Taiwan)," tandas Igun.

(kpl/pur/ntn)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING