Uya Kuya Sarankan Artis Jalani Tes Narkoba Sebelum Terikat Kontrak

Rabu, 21 Februari 2018 09:00 Penulis: Tyssa Madelina
Uya Kuya Sarankan Artis Jalani Tes Narkoba Sebelum Terikat Kontrak Keluarga Uya Kuya © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, segelintir publik figur Tanah Air tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Menanggapi isu tersebut, Polres Metro Jakarta Selatan pun mengundang seluruh artis, manajer dan produser Indonesia untuk menandatangani perjanjian mengenai kesediaan berhenti menjadi publik figur ketika kedapatan mengonsumsi narkoba. Meski sempat terbelit pro kontra namun Uya Kuya justru mendukung hal tersebut untuk digalakkan secepatnya.

"Setuju aja saya setuju. Kalau perlu saran saya adalah sebelum artis menandatangani kontrak dengan PH atau dengan stasiun TV, artis harus tanda tangan dan tes urin dulu. Kalau terbukti positif nggak usah dikontrak sama TV atau PH-nya. Gitu aja kan gampang," tutur Uya Kuya, saat dijumpai di kawasan Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (20/2).

Uya pun menilai, seorang publik figur harusnya bisa menjaga sikap dan perilaku mengingat mereka menjadi panutan para fans. Ia menambahkan, bahaya narkoba tidak hanya bisa menyergap para artis yang mengaku depresi dan mencari kesenangan dengan mengonsumsi narkoba namun juga masyarakat awam di luar sana.

Uya Kuya memberikan pendidikan dini tentang narkoba kepada anak-anaknya. © KapanLagi.com/Agus ApriyantoUya Kuya memberikan pendidikan dini tentang narkoba kepada anak-anaknya. © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Menurut saya bukan masalah artis-artis yang ditangkap, tapi karena mereka ini publik figur jadi lebih disorot media. Yang lebih banyak pasti kan bukan dari kalangan artis. Kemarin saya ngobrol sama polisi, pemakai narkoba yang notabene kalangan masyarakat awam juga lebih banyak lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, melihat santernya kabar mengenai penyalahgunaan narkoba, Uya tak lantas membatasi pergaulan anak-anaknya. Ia mengaku sudah menanamkan tentang bahaya narkoba sedari dini dengan memberi pengertian serta bukti nyata mengenai bagaimana kehidupan para publik figur setelah terciduk oleh polisi.

"Alhamdulillah saya nggak pernah pakai narkoba, nggak pernah tahu bentuknya juga. Dari zaman kuliah teman-teman saya dulu pakai putaw, mereka meninggal. Tergantung diri kita menurut saya. Anak-anak juga dari sekarang saya ajarin, saya suruh lihat TV. 'Nih, ada artis ketangkap, ada artis terciduk narkoba, ada pengedar dihukum mati' Jadi anak-anak punya pengetahuan dini tentang hal itu," tegasnya.

(kpl/aal/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina


REKOMENDASI
TRENDING