Yenny 3 Kucing Berang Soal Gonjang-Ganjing Harga Elpiji

Kamis, 09 Januari 2014 09:11 Penulis: Darmadi Sasongko
Yenny 3 Kucing Berang Soal Gonjang-Ganjing Harga Elpiji Yenny 3 Kucing @Foto: KapanLagi.com/Ruswanto
Kapanlagi.com - Punggawa grup dangdut 3 Kucing, Yenny Anggrainy keberatan jika Pertamina menaikkan harga gas elpiji 12 Kg. Dia menjadi satu dari sekian masyarakat yang menolak kebijakan yang tidak pro rakyat kecil itu. Karena bagaimanapun, naiknya harga elpiji akan berimbas pada konsumsi pangan rakyat.

"Meski gas elpiji kemasan 12 Kg tidak banyak digunakan masyarakat bawah, namun kenaikan ini akan berimbas pula pada naiknya pangan. Tentu, saya tahu betul sebagai wanita, efeknya apa ketika BBM atau gas elpiji naik harga," kata Yenny kepada wartawan, Rabu (8/1).

Justru dikhawatirkan, para pengguna elpiji 12 Kg akan beralih ke elpiji subsidi yang tabung 3 Kg. Tentunya anggaran subsidi bisa membengkak jika semua orang menggunakan elpiji bersubsidi.

Yenny 3 Kucing @Foto: KapanLagi.com/RuswantoYenny 3 Kucing @Foto: KapanLagi.com/Ruswanto

"Karena banyak pengelola rumah makan yang beralih menggunakan elpiji 3 Kg. Juga nantinya akan banyak pedagang yang menaikkan harga makanan atau mengurangi porsinya untuk menyiasati. Itu harus dipikirkan," katanya.

Pertamina menaikkan harga elpiji 12 Kg mulai 1 Januari 2014. Sikap tersebut merupakan langkah untuk mengurangi beban utang Pertamina yang semakin meninggi.

Namun karena banyak protes, Pertamina secara resmi telah merevisi kenaikan harga elpiji non subsidi per tabung. Harga epiji 12 Kg ditingkat agen menjadi berkisar antara Rp 89.000 sampai Rp 120.100 terhitung mulai 7 Januari 2014 pukul 00.00 WIB.

"Semoga pemerintah bisa menekan Pertamina untuk tak lagi menaikkan harga elpiji seenaknya. Dan pihak legislatif bisa meminta pertanggungjawaban kebijakan yang tidak pro rakyat semacam ini," tandasnya.

(kpl/ato/dar)


REKOMENDASI
TRENDING