Banyak Perlihatkan Adegan Kekerasan, 'Mahabharata' Kena Tegur KPI

Rabu, 12 November 2014 16:38 Penulis: Wulan Noviarina
Banyak Perlihatkan Adegan Kekerasan, 'Mahabharata' Kena Tegur KPI @KapanLagi.com®/Bambang E Ros
Kapanlagi.com - Sebuah kabar kurang menyenangkan diterima oleh serial Mahabharata. Belum lama ini, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan surat teguran kepada stasiun televisi yang menayangkan serial mitologi tersebut.

Dalam surat bernomor 2582/K/KPI/11/14 yang terbit 6 November lalu, KPI memberikan teguran karena Mahabharata dianggap terlalu banyak mengumbar adegan kekerasan. Ini tidak sesuai dengan ketentuan tentang perlindungan terhadap anak-anak dan remaja.

Yang menjadi sorotan KPI adalah episode yang ditayangkan pada 1 November 2014 lalu. Di dalam episode itu, digambarkan ada acara perkelahian secara eksplisit antara dua orang yang saling tendang dan menggunakan pedang hingga mengeluarkan darah.

KPI menilai bahwa tayangan itu akan membuat masyarakat ngeri dan menimbulkan ketidaknyamanan. Selain itu, ada banyak adegan kekerasan lain yang akhirnya membuat KPI menurunkan peringatan ini.

Lewat surat yang sama, KPI meminta kepada televisi yang menayangkan serial ini untuk melakukan evaluasi dan editing. Atau bila perlu, memindahkan jam tayang ke waktu dewasa, yaitu di atas pukul 22.00 WIB.

Bila stasiun televisi tidak mengindahkan peringatan ini, maka bukan tidak mungkin Mahabharata akan dicekal. Namun sampai saat ini, mereka masih mengirimkan teguran secara tertulis, belum sampai tahap memberikan sanksi.

Banyaknya adegan perkelahian dan darah yang ada di serial Mahabharata adalah salah satu fase dari serial ini. Karena saat ini memang sedang berlangsung perang Baratayudha yang memang berlangsung penuh intrik dan kekerasan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak stasiun televisi. Bagaimana kelanjutan dari teguran KPI ini? Kita tunggu saja kabar berikutnya.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING