Ditegur KPI Lagi, Inikah Alasan 'Bolly Starvaganza' Dihentikan?

Sabtu, 23 Mei 2015 13:15 Penulis: Wulan Noviarina
Ditegur KPI Lagi, Inikah Alasan 'Bolly Starvaganza' Dihentikan? Indra Bekti, Ayu Ting Ting dan Vega @KapanLagi.com®/Bambang E Ros
Kapanlagi.com - Beberapa hari sebelum acara Bolly Starvaganza dihentikan oleh ANTV, acara ini mendapatkan teguran tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Ini adalah teguran kedua dari KPI terkait acara yang dibintangi Shaheer Sheikh, Vin Rana, Indra Bekti dan kawan-kawan tersebut.

Pada surat yang tertanggal 13 Mei 2015 tersebut, KPI menyampaikan teguran terkait tayangan Bolly Starvaganza episode 3 Mei 2015 yang menampilkan Duo Serigala yang melakukan goyang dribble. Meski mereka memakai baju tertutup, tapi goyangan itu tetap dianggap vulgar.

"Walaupun ditayangkan di atas pukul 22.00 WIB dan mengenakan pakaian tertutup, namun goyangan dada (payudara) secara erotis tersebut tetap jelas. Perlu diketahui  bahwa program siaran yang menampilkan muatan yang menjadikan perempuan sebagai objek seks dapat berakibat pada penghentian sementara program. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas ketentuan norma kesopanan dan kesusilaan, larangan menampilkan gerakan tubuh erotis serta pelecehan terhadap martabat perempuan" bunyi surat tersebut.

Gara-gara Duo Serigala, 'Bolly Starvaganza' kena tegur KPI. @KapanLagi.com®/Abbas NugrohoGara-gara Duo Serigala, 'Bolly Starvaganza' kena tegur KPI. @KapanLagi.com®/Abbas Nugroho


Penayangan episode itu sudah melanggar Program Perilaku Penyiaran KPI th 2012 pasal 9 dan pasal 18 huruf h. Bila melanggar lagi, maka akan ada teguran lanjutan dengan sanksi yang lebih berat.

"Berdasarkan catatan KPI Pusat, program saudara telah mendapatkan Surat Teguran Tertulis Nomor 282/K/KPI/03/15 tertanggal 25 Maret 2015. Kami akan terus melakukan pemantauan intensif terhadap program saudara, jika masih ditemukan pelanggaran di kemudian hari, kami akan memberikan sanksi yang lebih berat sesuai dengan Pasal 75 SPS KPI Tahun 2012," ancam KPI.

Tidak sampai teguran ketiga keluar, program yang memajang para bintang India itu sudah dihentikan penayangannya. Lewat akun Instagram resminya, ANTV menyatakan bahwa alasan di balik penghentian acara ini adalah karena untuk menghormati bulan Ramadhan.

Apakah benar Bolly Starvaganza dihentikan karena Ramadhan? Ataukah karena surat teguran dari KPI ini?

Sampai berita ini diturunkan, KapanLagi.com® masih berusaha menghubungi ANTV untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING