TELEVISI

Panggung OVJ, Tayangan Fenomenal Yang Kini Tinggal Kenangan

Kamis, 14 Agustus 2014 16:01 Penulis: Guntur Merdekawan

Image: KapanLagi®

Kapanlagi.com - Siapa yang tak pernah tahu atau setidaknya mendengar acara OPERA VAN JAVA (OVJ)? Acara komedi yang sempat tayang di stasiun TransTV itu merupakan sebuah tontonan yang kerap jadi hiburan utama para pemirsa tiap malam hari.

Meskipun begitu, tak jarang juga acara yang digawangi oleh Parto Patrio, Sule, Azis Gagap, Nunung, dan Andre Taulany itu diterpa masalah. Seperti ketika ditegur pihak KPI, hingga diprotes organisasi perawat Indonesia karena beberapa adegan-nya yang dianggap tak pantas ditayangkan.

Yang terbaru, secara mengejutkan acara OVJ resmi dihentikan penayangannya baru-baru ini. Sebelum bersedih, mari kita flashback lagi kenangan-kenangan hingga kontroversi yang sempat menyelimuti OVJ selama ini bersama-sama. Yuk simak bareng-bareng!

1. Tayangan Komedi Favorit

OVJ pertama kali mengudara di stasiun televisi pada 27 November 2008, atau sekitar 6 tahun lalu. Hadir dengan format komedi yang berbeda dengan tayangan lainnya, OVJ tak pelak langsung jadi idola pemirsa.

Yup, OVJ memberi warna lain di dunia lawak tanah air dengan ide wayang orang versi modern. Didalangi oleh Parto dan dibumbui dengan hiburan nyanyian sinden pop, acara tersebut benar-benar booming di awal-awal penayangannya.

Belum cukup dengan itu, masih ada nama-nama para wayang (pemeran) yang diisi oleh komedian papan atas seperti Sule, Andre, Nunung, dan Azis. Aksi-aksi konyol mereka kerap menghadirkan gelak tawa tak tertahankan bagi para pemirsa di depan layar kaca.

Selain itu OVJ juga kerap kali menghadirkan para seleb kejutan untuk memberi warna berbeda tiap episode-nya. Mereka dituntut untuk melawak secara langsung menyesuaikan arahan dari sang dalang, Parto.


Video by: Aries Santoso

2. Dianggap Lecehkan Perawat

Di awal tahun 2013, OVJ sempat diterpa konflik yang cukup besar. Tayangan tersebut diprotes oleh sebuah organisasi Perawat Indonesia (PPNI) karena dianggap telah melecehkan profesi perawat.

Saat itu, memang beberapa pemeran OVJ mengenakan atribut perawat pada salah satu episode-nya. Niatnya menghadirkan hiburan untuk pemirsa, eh, ternyata ada pihak-pihak yang tersinggung dengan menuding guyonan mereka tidak pada tempatnya.

Pada tanggal 3 Februari 2013, PPNI secara resmi melayangkan somasi (teguran) pada pihak Trans TV atas episode yang dimaksud. Tanggapan dari pihak Trans TV sendiri positif, mereka secara resmi mengutarakan permintaan maaf kepada PPNI melalui salah satu episode OVJ setelahnya.

Namun kontroversi dari OVJ sendiri tak cuma sampai di situ...

3. Ditegur KPI

Saking suksesnya, OVJ punya tayangan 'sampingan' lain yang digelar sebulan dalam tiap tahun, tepatnya di bulan Ramadhan. Hadir dengan nama OVJ Sahurnya IndonesiaSule dkk ikutan menghibur para pemirsa yang melakukan aktivitas sahur di pagi hari.

Lagi-lagi niatan menghibur yang datang dari OVJ berbuah pahit. Sebuah kontroversi lain muncul menerpa OVJ. Tak main-main, teguran kali ini datang dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Menurut laporan dari surat teguran itu, sebagian besar pemirsa mengaku kurang suka dengan guyonan-guyonan 'kasar' yang ditayangkan OVJ. Terlebih acara tersebut tayang pada bulan suci ramadhan, tepatnya dini hari ketika umat muslim menikmati hidangan sahur-nya.

Uniknya, kedua teguran yang didapat OVJ itu datang dalam kurun waktu sama, yakni 2013. Hal itu akhirnya membuat salah satu bintang OVJ....

4. Sule Diputus Kontraknya?

Entis Sutrisna atau lebih dikenal dengan nama Sule, adalah sosok terpenting dalam tayangan OVJ. Guyonan-nya yang dianggap sangat 'liar' nan alami menjadikannya salah satu komedian papan atas hingga saat ini.

Secara mengejutkan, Sule secara tiba-tiba 'menghilang' dari OVJ di awal tahun ini. Hal itu tak pelak membuat para pemirsa bertanya-tanya ke mana perginya pria pencetus kata 'prikitiw' tersebut.

Uniknya, Sule tiba-tiba muncul di program acara lain yang bertajuk Ini Talkshow dan Ini Sahur di stasiun televisi NET. Twitter Sule pun langsung dibanjiri oleh pertanyaan dari fans yang mengaku tak rela idolanya itu meninggalkan OVJ.

Pada satu kesempatan, Sule akhirnya mengkonfirmasi bahwa kontraknya di OVJ sudah habis dan tak diperpanjang lagi. Sementara itu ada indikasi lainnya jika kontrak Sule diputus secara sepihak oleh pihak Trans TV. Menurut kalian yang bener yang mana?

5. Sinden Tersingkir

Selain punya lawakan humoris, OVJ punya nilai plus lain yang tak dimiliki program lain, yakni kehadiran para sinden cantik mereka. Dewi Gita, Gisella Anastasia, dan Kiki Juliar yang terakhir kali menjadi pesinden acara itu secara mengejutkan tiada lagi terlihat di layar kaca.

Alasan para sinden itu tersingkir adalah pergantian format yang dilakukan OVJ. Hal itu tak jelas semakin menambah kesedihan para penggemar setelah sebelumnya kehilangan sosok Sule.

Dewi Gita menanggapi kepergiannya dari OVJ dengan lapang dada. "Terima kasih selama 6 tahun @OVJ_Trans7 seni musik tradisional diberi kesempatan hadir di TV," tulis istri dari Armand Maulana itu di akun Twitter-nya.

Kehadiran para sinden sendiri mulai terisi oleh komedian Stand Up Comedy yang ramai-ramai hadir di OVJ. Walaupun sama-sama punya sense humour yang tinggi, namun rupanya kehadiran mereka tak berhasil mengangkat rating dari OVJ, sehingga akhirnya...

6. OVJ Berhenti Tayang

Mulai kehilangan popularitas di mata pemirsa, OVJ akhirnya resmi berhenti tayang beberapa waktu lalu. Per hari Senin (11/8) kemarin, sebuah tayangan lain bertajuk Lenong Rempong hadir menggantikan OVJ di Trans TV.

Meskipun berganti nama, beberapa pemeran di dalamnya merupakan para komedian dari OVJ yang sudah kita kenal. Di antaranya Parto, Azis Gagap, Ruben Onsu, dan Nunung. Andre sendiri juga mengikuti jejak dari Sule untuk berpaling ke program acara Ini Talkshow.

Lenong Rempong sendiri diharapkan bisa membangkitkan kejayaan dari awal era OVJ oleh pihak Trans Tv. Walaupun tak sedikit pula pihak yang meragukan hal itu, tapi patut kita pantau bagaimana animo pemirsa pada Lenong Rempong nantinya.

Kalian sudah nonton Lenong Rempong? Apa pendapat kalian tentang acara itu dibandingkan dengan OVJ?


Video by: Sahabat TiVi

(kpl/gtr)

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING