in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Berseteru Masalah Lagu, Ini Saran Ayu Ting Ting Untuk Via Vallen & Jerinx SID

Rabu, 14 November 2018 14:01 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Ayu Ting Ting © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Polemik soal Via Vallen dan Jerinx SID (Superman Is Dead) ternyata didengar juga oleh Ayu Ting Ting. Menurut pemilik lagu Alamat Palsu itu, persoalan seperti ini tak perlu dibiarkan berlarut-larut. Semua bisa dibicarakan dan diselesaikan dengan cara damai.

Antara pihak Via Vallen atau manajemennya dan pihak Jerinx dari SID bisa duduk bareng. “Tak ada persoalan yang tak bisa diselesaikan. Bicarakan aja antara pihak Via Vallen dan teman-teman SID. Kalau yang satu lupa minta izin ya izin. Kalau saya orang mau mengcover lagu saya silahkan,” kata Ayu Ting Ting saat bertandang ke kantor KLY, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, (Rabu, 14/11/2018).

Seperti diketahui Jerinx SID belum lama ini mengunggah persoalan Via Vallen yang menyanyikan lagu milik mereka; Sunset di Tanah Anarki dalam versi dangdut koplo. Menurut Jerinx pihak Via Vallen sama sekali tidak izin saat hendak membawakan lagu itu untuk keperluan show.

1. Cover Version Sedang Marak

Lalu lagu itu versi rekaman saat shownya pun beredar di laman media sosial youtube. Ini yang membuat Jerinx bertanya-tanya. Via Vallen yang disinggung di media sosial pun akhirnya angkat suara. Secara terbuka Via meminta maaf kalau apa yang sudah ia lakukan tidak berkenan.

Menurut pelantun tembang Sambalado ini, persoalan cover version memang marak akhir-akhir ini. Dan sudah menjadi kejadian biasa. Saking seringnya persoalan ini menjadi hal yang biasa. Apalagi kalau yang melakukannya orang yang sudah punya nama.

Dalam persoalan Via Vallen dan Jerinx SID ada Ayu Ting Ting kembali menyarankan untuk berdamai saja. “Kita ini kan orang Indonesia yang cinta damai. Persoalan ini bisa selesai dengan damai kok. Asal masing-masing pihak mau duduk bareng dan menyelesaikan persoalan ini,” tandas ibu satu anak ini.

2. WAMI Sarankan Duduk Bersama

Tidak bermaksud menyalahkan maupun membenarkan salah satu pihak, WAMI yang diwakili Irma Hidayat meminta agar Jerinx dan Via Vallen untuk duduk bareng agar ketemu solusi yang baik antara keduanya.

"Pembajakan,memanfaatkan karya orang untuk memperkaya diri sendiri, bukan lah kali ini saja terjadi. Saran saya ambil lah jalur mediasi untuk menyelesaikan masalah ini karena dalam kasus ini apa dan siapa, oleh siapa yang berbuat, soal pemakaian lagu-lagu karya milik orang bukan hanya VV saja yang mengcover lagu orang dan bukan hanya lagu SID aja yang di cover orang," kata Irma Hidayat saat dihubungi Kapanlagi Dangdut, Senin (12/11/2018).

Jika tak menemukan kata sepakat, Jerinx bisa mengambil langkah hukum. "Kalau memang merasa dirugikan karna ada unsur komersilnya ya silakan di tindak lanjuti dengan bukti-bukti atau data data yang kongkrit," lanjutnya.

3. Banyak Celah Penyalahgunaan

Irma Hidayat lebih lanjut mengatakan, di Indonesia memang masih banyak celah penyalahgunakan hak dari karya cipta seseorang, tengok saja para penyanyi organ tunggal, Irma Hidayat mencontohkan.

"Ini kebetulan VV yang lagi menjadi menjadi sorotan, bagaimana dengan penyanyi organ tunggal yang dipastikan 99,9% menyanyikan lagu orang dan tidak tersentuh karna mungkin tidak terlihat celah komersil yang signifikan, dan bahkan ada sebagian pemilik lagu ada yang senang dan bangga atas karya nya di nyanyikan oleh orang," kata Irma.

(kpl/edy/frs)


REKOMENDASI
TRENDING