in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Eksklusif Defri Juliant DA5, Pedangdut Ganteng yang Curi Perhatian: Kisah Awal Manggung - Keinginan Jadi Model

Rabu, 14 September 2022 18:55

Defri Juliant jadi pedangdut yang aksinya curi perhatian di DA5 - Credit: instagram.com/defrijuliant

Kapanlagi.com - Sejatinya, Defri Juliant bukanlah nama baru di ajang pencarian bakat dangdut Indosiar. Pria kelahiran 29 Desember 2002 ini mengikuti kompetisi Liga Dangdut Indonesia 2020 mewakili Provinsi Riau. Pada ajang tersebut, Defri berhasil mencapai babak 18 besar. Mengenai keikutsertaannya kembali di ajang Dangdut Academy 5, Defri mengaku bahwa bukan gelar juara yang sebenarnya ia kejar.

"Ambisi untuk jadi juara itu pasti ada, tapi bukan itu yang jadi motivasi ku untuk ikutan lagi. Aku mau lebih dikenal banyak orang lagi terutama dalam lingkup nasional," ungkap Defri kepada KapanLagi.com beberapa waktu lalu.

Memiliki nama asli Arif Defri Arianto, Defri kemudian menjelaskan nama panggung 'Juliant' yang membuatnya dikenal luas hingga saat ini.

"Sebenarnya 'Juliant' itu aku ambil dari nama ayahku 'Julianto'. Aku sudah sepakat bersama kedua orang tua untuk pakai nama panggung Defri Juliant karna lebih enak diucapkan dan terlihat menarik untuk branding diri kedepannya. Semua nama sosmed ku pakai nama itu," lanjutnya.

Penasaran dengan sosok Defri Juliant yang sempat bikin Lesti terpesona dengan aksi panggungnya? Simak sampai habis artikel berikut ini ya.

1. Awal Mula Terjun ke Dunia Tarik Suara

Ternyata, Defri berasal dari keluarga seniman. Kedua orangtuanya berprofesi sebagai musisi panggung. Hal inilah yang membuat Defri terbiasa mendengarkan irama musik sejak berusia belia.

"Iya betul, sejak umur 9 tahun aku sudah sadar bakatku menyanyi. Ayah ibu ku itu seniman di daerah ku, dulu mereka berdua selalu menyanyi dari panggung ke panggung untuk menghidupi kami, jadi dari kecil itu aku udah terbiasa didengarkan musik dan lagu-lagu dangdut, waktu aku kecil aku iseng coba nyanyiin lagu Sejuta Luka dari bunda Rita Sugiarto dan ibu ku denger terus beliau bilang 'ancak suagho ang mah' dalam bahasa daerah aku artinya 'bagus sekali suara kamu ya'. Nahh, sejak itu orang tuaku selalu latih bernyanyi," ujar Defri.

2. Kisah Pertama Kali Manggung

Anak ketiga dari enam bersaudara ini mengungkapkan kisah menarik saat dirinya pertama kali manggung. "Aku lupa usia berapa waktu itu aku masih SD, aku nyanyi di acara pesta keluarga nyumbang lagu. Grogi banget pastinya diliatin banyak orang," ujar Defri.

Terkait ritual sebelum manggung, Defri menyebut bahwa tak ada ritual khusus untuk itu."Aku nggak ada ritual, paling peregangan tubuh sambil ngunyah permen karet," lanjutnya.

3. Tips Suara Merdu - Badan Sehat & Wajah Glowing

Defri dikenal sebagi pedangdut dengan suara merdu yang mendayu-dayu sekaligus punya penampilan yang fit dengan wajah glowing. Kepada KapanLagi.com, Defri menjelaskan tips untuk menggapai hal tersebut.

"Menurut aku gak ada pengaruh makanan sama minuman bikin suara jadi bagus, paling menghindari makanan yang berminyak, rokok, dan yang gak sehat untuk tenggorokan. Biar vocal bagus latihan olah vocal terus," ucap mantan peserta ajang Bintang Dangdut TVRI Riau ini.

"Makan makanan yang sehat, kalau nggak ada kegiatan aku nggak pernah tidur lewat dari jam 10 malam, minum air putih, dan aku biasanya kalau sempat jogging pagi sama sore," ujar Defri soal tips badan bugar dan wajah glowing.

4. Album Pop Melayu

Beraksi di Dangdut Academy 5 dengan bermodal sudah pernah ikut LIDA dan bahkan memiliki album, ternyata membuat Defri sedikit banyak merasakan adanya tekanan dari netizen.

"Pastinya ada, apalagi banyak pendapat netizen: "Udah jadi artis kok ikutan lagi? Ngalah dong sama yang belum pernah ikutan dasar serakah" bla bla bla. Itu salah satu komen yang menantang bagiku, apalagi perjalananku waktu di LIDA sampai top 18 jadi aku harus bisa lewat dari itu di DA ini," ungkap Defri.

Defri kemudian menuturkan tentang kisah di balik singlenya yang berjudul Biarkan Semua Berlalu.

"Ini aku ambil dari kisah ku sendiri bersama mantan ku, inti dari pesan lagu ini kita itu nggak bisa bersatu karna terhalang restu, jadi kita itu saling menguatkan untuk bisa saling ikhlas," imbuhnya.

5. Keinginan Jadi Model

Punya paras tampan dan postur bagus bak model membuat Defri kerap didorong untuk jadi model profesional. Defri tak menampik soal itu. Tetapi, jadi pedangdut yang dikenal luas adalah pilihannya untuk saat ini.

"Ada keinginan untuk jadi model, sepertinya harus belajar dulu. Pilih jadi penyanyi dangdut aja, karna nyanyi itu hobi aku. Kalau model dan lain-lain itu bisa ngikutlah, yang utama nyanyi," ujar Defri.

6. Keseharian di Asrama

Melaju hingga babak Fifty-Fifty, Defri menjelaskan kegiatannya di asrama. Sama seperti peserta lain, Defri selalu berlatih bareng para coach agar mendapat hasil yang maksimal saat konser.

"Kesehariannya selama di asrama gak jauh-jauh dari hapal lagu, latihan bersama coach Adi dan Coach Deddy, ulik lagu, terus ada shooting program bestie juga, dan sebagainya untuk persiapan tampilan berikutnya," ujarnya.

7. Arti Fans bagi Defri Juliant

Meski telah tereliminasi dari babak Fifty Fifty, Defri berharap mendapat kesempatan kedua jadi 4 peserta yang lolos lewat Konser Wildcard. Lebih lanjut, Defri menyebut fansnya adalah pendukung utama karirnya hingga berada di titik ini.

"Arti fans bagiku adalah nyawa bagi seorang artis di perjalanan karirnya. Tanpa mereka aku ini bukan siapa-siapa, karena mereka aku bisa ada di titik ini," pungkasnya.

REKOMENDASI
TRENDING