in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Hasil Sementara Grup 1 Top 12 LIDA 2019: Puput Teratas, Beni Terendah

Selasa, 09 April 2019 14:00 Penulis: Louvina Gita

Grup 1 Top 12 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 12 besar. Selain dihiasi dengan aksi seru dari para pengisi acara, persaingan antara peserta pun semakin sengit dan menarik untuk disaksikan.

Semalam, peserta dari grup 1 yang saling unjuk kebolehan untuk mengharumkan nama provinsi yang diwakilinya. Adapun peserta dari grup 1 adalah Alif (Kalimantan Timur), Beni (Banten), Kiki (Kep. Riau) dan Puput (Sulawesi Selatan).

 

1. Nada Rendah Beni Kurang Maksimal

Setelah diacak urutan tampil, Kiki yang memiliki nama lahir Rizki Fitriani mendapat kesempatan tampil pertama. Sebagai penampil pertama, Kiki tampil memukau dalam membawakan lagu berjudul Cinta Rahasia. Seluruh lampu biru pun menyala untuknya.

“Suara kamu lembut, tapi tetap berpower. Romantisnya dapat, lembutnya dapat. Tidak ada catatan untuk kamu malam ini,” ucap Soimah mengomentari penampilan Kiki.

Tak mau kalah saing, Beni yang menjadi penampil kedua mencoba memikat juri, panel provinsi dan penonton lewat lagu Cinta Sabun Mandi. Sayang, hanya tiga juri yang terpikat untuk memberikannya lampu biru, sedangkan dua juri lainnya memberikan lampu merah.

“Kamu sudah punya basic suara yang bagus. Namun tadi banyak di nada-nada rendahnya kurang maksimal. Kamu harus lebih teliti lagi dalam memilih nada,” Rita Sugiarto memberi catatan kepada pemilik nama lahir Beni Ahmad Azhar itu.

2. Alif Borong Lampu Biru

Alif menjadi penampil ketiga. Membawakan lagu Goyang Inul, ia tampil energik dan interaktif. Hasilnya, pemilik nama lahir Alif Aulia ini berhasil memborong seluruh lampu biru juri dan panel provinsi.

“Saya kasih level 15 untuk kamu, pedas tapi enak. PR kamu adalah harus meningkatkan groove di beberapa part, control nafas agar stabil,” puji Dewi Perssik sekaligus member beberapa catatan agar Alif bisa tampil spektakuler.

Sementara Puput menjadi penampil terakhir. Melantunkan lagu Sumpah Benang Emas, pemilik nama lahir Putri Maulana Andini ini berhasil meraih empat lampu dukungan panel provinsi dan empat lampu biru dari juri.

“Kamu punya modal cantik. Kamu juga salah satu peserta yang punya kualitas vocal bagus. Masalahnya hanya di body language kamu, kamu harus ada kemauan untuk memperbaiki, jangan malu bertanya di belakang panggung sama juri atau dengan juri,” ucap Soimah.

3. Nilai Peserta

Setelah seluruh peserta unjuk kemampuan dan sudah dinilai juri serta panel provinsi, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil dukungan dari pemirsa melalui polling SMS dan vote Shopee yang ditutup usai acara.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian LIDA 2019. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobo 5 persen, kedua dari juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot terbesar yakni 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Kiki dari panel provinsi setelah dikonversikan, hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,88. Dari pemirsa sebesar 18,57. Setelah diakumulasikan, Kiki meraih total nilai 25,70.

4.

Beni yang tampil kedua meraih nilai dari panel provinsi sebesar 1,25. Dari juri sebesar 3,53. Dari pemirsa sebesar 17,72. Setelah digabungkan, Beni meraih total nilai 22,50.

Sedangkan Alif yang tampil ketiga meraih nilai dari panel provinsi sebesar 1,25. Dari juri sebesar 5,88. Dari pemirsa sebesar 18,24. Setelah digabungkan, Alif meraih total nilai 25,37.

Puput yang menjadi penampil terakhir meraih nilai dari panel provinsi sebesar 1,25. Dari juri sebesar 4,71. Dari pemirsa sebesar 20,47. Setelah digabungkan, Puput meraih total nilai 26,42.

5. Hasil Sementara

Dengan demikian, hasil sementara persaingan di grup 1, menempatkan Puput di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 26,42. Sedangkan Kiki berada di posisi kedua dengan total nilai 25,70, lalu Alif berada di posisi ketiga dengan total nilai 22,37 dan Beni harus puas berada di posisi terendah dengan total nilai 22,50.

Keempat peserta masih memiliki satu kesempatan lagi dalam babak penentuan. Lantas, siapakah yang akan tersenggol atau tereleminasi dari grup 1? Apakah Beni atau bisa jadi Puput, Kiki, dan Alif? Semua kemungkinan masih bisa terjadi. Saksikan konser result show grup 1 top 12, nanti malam, Selasa (9/4/2019) hanya di Indosiar.

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING