in partnership with Indosiar
 

Kabar Gembira! Dangdut Kini Punya Festival Dangdut Tahunan di Indonesia

Rabu, 06 Maret 2019 20:30 Penulis: Guntur Merdekawan
Kabar Gembira! Dangdut Kini Punya Festival Dangdut Tahunan di Indonesia Digoda Fest / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Festival musik besar dari genre-genre mainstream seperti pop, rock, jazz hingga EDM sudah sering kita temui di Indonesia, namun tidak begitu dengan dangdut. Padahal, dangdut merupakan salah satu musik asli Indonesia yang sudah mulai diakui keberadaannya oleh dunia.

Berangkat dari fakta itu, PT Digoda Karya Cipta Indonesia menginisiasi sebuah festival dangdut tahunan yang diberi nama Digoda Fest. Delisa P Tahir selaku dalang dari ide ini pun menekankan jika saat ini apresiasi para pecinta musik terhadap musik dangdut masih sangat minim.

"Dangdut adalah bagian dari sebuah budaya, cerminan masyarakat Indonesia yang guyub, riang dan bersahaja. Musik dangdut bahkan terpengaruh musik rock. Meskipun dangdut sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia, tapi sayang belum mendapatkan perhatian khusus untuk tetap melestarikan dangdut sebagai budaya maupun industri yang mencerminkan budaya Indonesia," ujar Delisa, Festival Director PT Digoda Karya Cipta Indonesia dalam siaran pers pelaksanaan Digoda Fest 2019 di Jakarta, Rabu (6/3). 

"Ini merupakan kali pertama di Indonesia diselenggarakan festival yang mengkhususkan pada genre Dangdut sebagai tempat ekspresi dan memberikan apresiasi seluruh insan musik Dangdut Indonesia. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dangdut adalah bagian dari musik Indonesia, bahkan seperti dikatakan Bang Haji Rhoma Irama bisa disebut sebagai DNA, dan pada akhimya menjadi bagian musik dunia," sambungnya.

Digoda Fest / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaDigoda Fest / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Digoda Fest rencananya bakal digelar di Taman Mini lndonesia Indah (TMII) pada 6 J uli 2019 mendatang. Konsep acaranya pun dibuat semenarik mungkin, di mana acara bakal digelar seharian penuh dan ada beberapa panggung yang berbeda-beda, seperti Panggung Festival Dangdut, panggung Legenda, Panggung Dang, Panggung Dut dan juga panggung klasik.

Bahkan, ada pula diskusi seminar atau forum Dangdut Indonesia, Workshop Dangdut, Bazaar atau Pasar Dangdut. Dan puncaknya adalah peluncuran DIGODA AWARD yaitu penghargaan untuk mengapresiai para insan di industri musik Dangdut Indonasia, termasuk peluncuran chart TANGGA LAGU DIGODA.

Ridho Rhoma, salah satu performer Digoda Fest / Credit: KapanLagi - Akrom SukaryaRidho Rhoma, salah satu performer Digoda Fest / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Puluhan artis dangdut dari lintas generasi, mulai dari Raja Dangdut, Haji Rhoma Irama hingga Siti Badriah, Zaskia Gotik, Fitri Karlina, Ayu Soraya, Ridho Roma, Trio Macan, Rita Sugiarto, Bunga Rampai hingga Mila Rosa sudah dipastikan bakal tampil di Digoda Fest. Sementara itu, seluruh staff dan sponsor dari acara ini adalah juga merupakan orang lokal.

"Dangdut menjadi fenomenal karena dangdut adalah musik semua kalangan, baik kalangan atas maupun bawah, yang jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Tak bisa dipungkin juga bahwa gosip seputar musik dan artis dangdut memang selalu menarik untuk disimak," tambah Delisa.

Ide Digoda Fest sendiri disambut baik oleh Rahayu Kertawiguna, pendiri sekaligus pemilik perusahaan rekaman Nagaswara. Sebagai perusahaan yang memayungi lebih dari 200 artis dengan genre musik yang berbeda, dia yakin jika dilakukan dengan konsisten Digoda Fest akan sangat membantu untuk lebih memberikan aura positif kepada industri musik dangdut.

 

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING