in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Krunn dan Jamila Lolos, Wani Kayrie Dangdut Academy Asia 4 Tersenggol

Sabtu, 08 Desember 2018 13:18 Penulis: Editor KapanLagi.com

Jamila, Krunn Muhammad, Wani Kayrie Dangdut Academy Asia 4 (credit: kapanlagi.com)

Kapanlagi.com - Persaingan Top 15 untuk grup 3 Dangdut Academy Asia 4 berlangsung sengit. Untuk perolehan nilai sementara Jamila, peserta dari Indonesia memeroleh nilai tertinggi yakni 507 poin. Di posisi kedua ditempati Wani Kayrie (Malaysia) sebanyak 493 poin. Sedangkan posisi kunci ditempati Krunn Muhamad (Brunei Darussalam) dengan 490 poin. Antara Wani dan Krunn hanya terpaut tiga poin saja. Lantas siapa di antara mereka yang akan tersenggol, dan siapa yang akan lolos ke babak selanjutnya, yakni babak 10 besar?

Krunn Muhamad dan Wani Kayrie yang terpaut angka tidak terlalu jauh, pun harus berjuang lebih keras pada show kedua atau show penentuan yang digelar Jumat malam (6/12/2018), agar bisa lolos ke babak selanjutnya.

1. Jamila Tampil Tak Maksimal

Krunn Muhamad dan Wani Kayrie yang terpaut angka tidak terlalu jauh, pun harus berjuang lebih keras pada show kedua atau show penentuan yang digelar Jumat malam (6/12/2018), agar bisa lolos ke babak selanjutnya.

Pada result show tersebut, Jamila yang menjadi penampil kedua, dinilai para komentator tampil tidak maksimal dalam membawakan lagu berjudul ‘Madu Tuba’. Banyak kritik yang didapatnya. Ia yang biasanya selalu tampil baik dan mendapat standing ovation, malam itu tidak ada satu pun dari komentator yang berdiri untuk memberi apresiasi terhadap penampilannya.

2. Krunn Dapat 2 Standing Ovation

Sementara Krunn, yang menjadi penampil pertama, mendapat dua standing ovation, yakni dari Rosalina Musa, komentator asal Singapura, dan Meinan Yunos, komentator asal Brunei Darussalam. Krunn yang membawakan lagu berjudul ‘Sengsara’ dinilai berhasil membawakan lagu tersebut. Ia tampil lebih baik daripada malam sebelumnya.

Sedangkan Wani Kayrie yang menjadi penampil ketiga, tidak bisa memberikan suguhan sempurna dalam membawakan lagu berjudul ‘Bumi Semakin Panas’ dengan genre rockdut. Nassar menilai Wani yang memiliki suara merdu, bagus untuk part rock, dan sebaliknya di bagian dangdut. Cengkoknya menurut Nassar tidak keluar, dan terdapat pitching.

3. Perolehan Poin

Tanggapan para komentator terhadap para peserta tersebut, tidak jauh berbeda dengan penilaian para juri yang berasal dari enam Negara berbeda. Hendro Saky, juri asal Indonesia memberi nilai kepada Krunn atas penampilannya sebanyak 81. Sedangkan kepada Jamila dan Wani sebanyak 79 poin.

Selanjutnya, Zul, juri asal Malaysia yang memberi penilaian. Berbeda dengan Hendro Saky, juri kedua ini memberi nilai rendah kepada Krunn sebanyak 82 poin, sementara Wani dan Jamila mendapat nilai sama, yakni 84 poin.

Untuk penilaian dari juri ketiga, para peserta terlihat semakin cemas, terutama Krunn dan Wani. Sebab nilai akumulasi show pertama mereka yang sebelumnya terpaut tidak jauh, menjadi sama, yakni 738 poin. Hal itu terjadi karena Hans Anuar, juri dari Brunei Darussalam memberi nilai sebanyak 85 poin kepada Krunn, sedangkan Jamila dan Wani diberi nilai sebanyak 82 poin.

4. Jamila Berada di Puncak

Setelahnya, giliran Kerry, juri dari Thailand memberi penilaian. Ia memberi nilai 84 poin kepada Krunn, sedangkan Jamila dan Wani masing-masing mendapat 83 poin. Lalu Didinho, juri asal Timor Leste memberi nilai kepada Krunn sebanyak 83 poin, dan masing-masing 82 poin untuk Jamila dan Wani.

Mayuni Omar, juri asal Singapura, menjadi penentu. Ia memberi nilai kepada Jamila sebanyak 84 poin, sedangkan untuk Krunn 83 poin, dan Wani 82 poin.

Dari penilaian enam juri tersebut, Jamila tetap berada di puncak perolehan akumulasi show pertama dan kedua, yakni sebanyak 1001 poin. Sementara Krunn berada di posisi kedua dengan total nilai 987, dan Wani menjadi peserta terendah dengan total nilai 986, terput satu angka dari Krunn.

5. Wani Kayrie Pasrah Tersenggol

Dengan demikian, Jamila dan Krunn berhak maju ke babak selanjutnya, yakni babak 10 besar, dan Wani harus pasrah tersenggol atau tereleminasi.

“Berarti bukan sebuah rejeki bagi saya. Saya bisa berada sampai Top 15 saja, ini adalah suatu persembahan yang baik untuk saya karena melibatkan Asia, dan untuk sampai ke pentas Dangdut Academy Asia ini saja bukanlah suatu yang mudah karena banyak penyanyi di Malaysia yang mau ikut, tapi saya terpilih, semacam ini adalah peluang yang besar yang tak semua orang dapat,” ucap Wani Kayrie.

6. Berupaya Tampil Maksimal

Wani Kayrie yang merupakan penyanyi professional di negera asalnya, dan sudah menlurkan beberapa single lagu, mengakui kesulitan mempelajari cengkok dangdut. Namun begitu, ia sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan persembahan terbaik di setiap penampilannya.

“Sejujurnya dangdut bukanlah genre saya, untuk mempelajari cengkok dangdut tidak mungkin bagi saya mempelajarinya dalam waktu singkat. Sebab saya baru belajar cengkok dangdut sepanjang di sini (ajang DA Asia 4). Tapi ini adalah kontes dangdut, dan saya menyadari bahwa saya memang lemah di bagian dangdut,” kata Wani Kayrie.

Penulis: Nanda Sukma

(kpl/dan/mag/nan)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING