in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Menikah Muda & Pemandu Karaoke - Kena Tipu, Perjalanan Sebelum Cita Citata Sukses

Selasa, 19 Februari 2019 16:20 Penulis: Ayu Srikhandi

Cita Citata © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Melihat kesuksesan Cita Citata yang sekarang, tak terbayangkan bagaimana perjuangannya untuk bisa menjadi salah satu penyanyi dangdut papan atas di Indonesia. Penyanyi dangdut yang kini berusia 24 tahun tersebut memang nggak langsung begitu saja bisa meraih kesuksesan seperti sekarang.

Banyak yang harus dikorbankan oleh Cita Citata di awal karirnya. Bahkan kehidupan pribadi penyanyi yang booming lewat lagu Sakitnya Tuh di Sini tersebut juga tidak semulus dugaanmu.

Cita Citata membuktikan kalau perjuangannya nggak sia-sia. Bakat menyanyinya dari kecil yang terus dikembangkan membawa dirinya dikenal dan penampilannya dinanti-nantikan.

1. Bakat Menyanyi Sejak Kecil

Bakat menyanyi Cita Citata sudah terlihat sejak kecil lho. Ia pun dikenal kerap menyanyi dangdut di acara-acara pernikahan tetangganya. Ya meski saat itu ia memang tidak mendapat bayaran dan memang melakukannya karena hobi.

Cita Citata yang beranjak dewasa sempat meninggalkan dunia dangdut. Pasalnya, kala itu ia merasa gengsi untuk menyanyi dangdut dan memilih membawakan lagu-lagu pop yang sedang hits. Di sisi lain, Cita juga sempat menggeluti genre jazz.

2. Jadi Pemandu Karaoke

Cita Citata juga diungkapkan menikah di usia muda dengan Galih Purnama atau pria yang kerap disapa dengan nama Ijonk. Namun hubungan mereka kandas dalam waktu dekat, keduanya berpisah tanpa proses perceraian.

Harus membiayai hidupnya, Cita pun pergi ke Jakarta untuk mengadu nasib. Namun ia harus rela menjadi pemandu karaoke karena hanya itu lah pekerjaan yang bisa dilakukannya kala itu. Cita memang tidak bertahan lama karena kemudian ia bisa mendapat pekerjaan menyanyi penyanyi di event hotel. Dari situ lah ia bertemu orang-orang yang menawarinya untuk rekaman.

Meski begitu tentu perjalanan Cita-Citata tidak mudah karena ada cukup banyak pihak yang berusaha memanfaatkan dan menipunya, "Di bilang perjuangan pada saat rekaman sebetulnya aku salah satu yang paling beruntung karena mendapat tawaran walau pun awalnya ragu, karena sempat banyak tawaran yang palsu. Tetapi perjuanganku memang di mulai pada saat terjun di dunia entertainment banyak cobaan dan ujian yang datang pada saat karir sedang di masa-masa meraih hasil dari kerja kerasku."

3. Lagu Mendadak Hits

Cita Citata sendiri awalnya masuk dapur rekaman untuk Kalimera Athena, sayang lagunya itu tak mampu membuat namanya dikenal. Baru lagu kedua yang digarapnya Sakitnya Tuh di Sini yang benar-benar sukses membawa nama Cita hingga populer seperti sekarang.

Diceritakan Cita Citata lagu Sakitnya Tuh di Sini memang tidak sengaja tercetus. Pasalnya, saat sedang rekaman Kalimera Athena, ia sempat mengalami kesulitan. Mendadak nyeletuk 'Sakitnya Tuh di Sini', ia dan tim kemudian menggarapnya sebagai single yang kedua.

Lagu ini pun diputar di mana-mana dan populer banget. Menyusul single selanjutnya Goyang Dumang semakin mengokohkan Cita Citata sebagai salah satu penyanyi dangdut yang fenomenal. Hingga saat ini setidaknya ada 19 single yang telah dirilis Cita Citata, termasuk lagu barunya yang bertajuk Aku Pergi.

4. Perceraian Cita Citata

Setelah nama Cita Citata populer, muncul pria yang mengaku sebagai suaminya. Penyanyi ini sempat menepis kabar tersebut. Cita pun pada akhirnya mengakui semua rumor yang beredar tentang dirinya.

Tidak putus asa dan langsung menyerah begitu saja, Cita Citata berani menghadapi publik dan meminta maaf. Ia pun mengakui kesalahannya karena berusaha berbohong mengenai statusnya yang pernah menikah sekaligus bekerja sebagai pemandu karaoke. Cita Citata pun kemudian menggugat cerai Ijonk dan keduanya resmi dinyatakan cerai pada 10 Maret 2015.

"Perjuangan dilakukan atas dasar keinginan atau impian pada saat di berikan kepercayaan oleh yang maha kuasa untuk bisa melakukan yang terbaik sebisa mungkin," begitu lah curhat Cita Citata mengenai titik balik dalam karirnya di mana ia memilih untuk tetap berjuang menggapai mimpi.

"Setiap orang punya proses hidup masing-masing . Pada saat itu pengalaman yang paling sakit saya alami ketika ingin pergi ke Jakarta dengan harapan bisa menjadi penyanyi tapi malah mendapatkan cobaan ditipu oleh beberapa oknum sehingga mau tidak mau harus mengalami proses pahit (menjadi pemandu karaoke). Dan banyak sekali yang berspekulasi tentang pekerjaan itu adalah pekerjaan yang saya inginkan dan aku melakukan hal yang tidak-tidak, padahal nyatanya sampai sekarang pun aku tidak pernah terlibat ke dalam kasus-kasus yang berhubungan dengan martabat perempuan. Karena bagi saya pekerjaan seperti itu bukan impian seorang wanita dan aku tidak pernah menyalahkan masa lalu karena masa lalu itu yang membuat aku kuat sampai sekarang," imbuhnya.

5. Tak Menyangka Bakal Populer

Cita-citata sendiri tak menyangka kalau namanya bisa sampai seperti sekarang. "Tidak pernah mengira sebelumnya, terkadang kaget dan bingung mau berbuat apa setelah menjadi seperti sekarang," tandasnya.

Bintang yang sebelumnya telah sempat berangkat umrah ini mengaku kalau ia memang tidak aji mumpung dengan kepopulerannya. Cita-Citata tetap berusaha untuk merilis karya-karya yang bahkan membuatnya keluar dari zona nyaman.

"Berusaha membuat sesuatu yang baru, keluar dari zona nyaman yaitu membuat lagu baru, konsep baru, image baru, dan aku sedang focus untuk membuat kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi di berbagai genre musik yang berbeda," tandasnya.

Melihat perjuangan Cita Citata dari awal karir hingga kini, tentu nggak heran kalau ia semakin populer saja!


REKOMENDASI
TRENDING